Relawan Satu Komando Morut deklarasikan PSU damai dan lawan kecurangan

id PSU Morut, Pilkasa Morut, Morut

Relawan Satu Komando Morut deklarasikan PSU damai dan lawan kecurangan

Juru Bicara Relawan Satu Komando Heymans Larope, SE membacakan naskah deklarasi di Korowou, Kamis (15/4) malam. (Antaranews.com/Rolex Malaha)

Kalau ada kecurangan, kami akan ada di garda terdepan untuk melawan.
Kolonodale (ANTARA) - Relawan 'Satu Komando' masyarakat Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, mendeklarasikan komitmen untuk menyukseskan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Morowali Utara yang damai dan demokratis serta menolak segala bentuk kecurangan, intimidasi dan kekerasan dalam perhelatan politik ini.

"Kami masyarakat Morowali Utara menghendaki PSU ini berjalan jujur dan demokratis," demikian salah satu butir deklarasi yang dibacakan Heymans Larope, SE di depan seratusan warga yang berkumpul di Desa Korowou, Kamis malam.

Deklarasi itu juga menyebutkan bahwa "kami tidak mentoleransi segala bentuk kecurangan, intimidasi dan kekerasan dalam PSU".

"Jika ada kecurangan, intimidasi dan kekerasan dari pihak-pihak atau oknum tertentu untuk memengaruhi hak politik dan pilihan masyarakat, maka kami satu komando berada di garda terdepan untuk melawan," ujar Him, panggilan akrab Heymans Larope, mantan politisi PDIP di DPRD Morowali Utara itu.

"Kami cinta Morowali Utara. Jangan ciderai hak politik masyarakat untuk memilih kepala daerah sesuai hati nurani mereka," tulis pernyataan itu.
 
Suasana Deklrasasi 'Satu Komando' di Korowou, Kamis (15/4) malam. (Antaranews.com/Rolex Malaha)

Sebelum deklarasi itu dibacakan, Relawan Satu Komando menyelenggarakan doa bersama untuk sukses pelaksanaan PSU yang mendoakan penyelenggara (KPU dan Bawaslu).

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Morut Waris Kandori mendukung deklarasi Relawan Satu Komando tersebut sebagai sebuah bentuk kecintaan masyarakat menyambut PSU yang jujur dan demokratis. 

"Karena itu saya mengimbau penyelenggara untuk melaksanakan PSU ini sesuai aturan dan mekanisme yang ada. Jangan ada penyelewengan dan kecurangan karena itu sangat merusak citra demokrasi dan melawan kehendak bebas masyarakat untuk memilih calon pemimpin daerah sesuai hati nurani masing-masing," ujarnya.

PSU Morowali Utara akan diselenggarakan pada Senin, 19 April 2021 di empat TPS yakni TPS 1 Desa Menyoe Kecamatan Mamosalato, TPS Desa Peboa Kecamatan Petasia Timur dan dua TPS khusus di lingkungan PT. Agro Nusa Abadi (ANA), dengan total pemilih yang tercantum dalam DPT sebanyak 1.383 orang.

Pasangan calon yang akan dipilih dalam PSU nanti adalah Dr dr Delis Julkarson Hehi, MARS/H. Djira, S.Pd,M.Pd dan Ho Liliana/Abudin Halilu.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar