Pemkab Buol genjot perluasan tambak udang vaname

id bupati buol,amirudin rauf,pemkab buol,tambak udang,udang vaname buol

Pemkab Buol  genjot perluasan tambak udang vaname

Bupati Buol Amirudin Rauf bersama masyarakat melakukan panen perdana udang vaname di lokasi tambak percontohan budidaya udang vaname di Buol. (Dok Iqbal)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah menggenjot perluasan tambak udang vaname untuk memperluas akses masyarakat mengelola tambak sebagai sumber ekonomi.

"Dengan kondisi alam yang sangat mendukung, serta sumber daya yang melimpah, penting untuk segera mewujudkan target-target jangka pandek di sektor perikanan dan kelautan," ucap Bupati Buol Amirudin Rauf, di Buol, Selasa.

Amirudin Rauf mengemukakan pembukaan dan perluasan tambak udang vaname menjadi primadona untuk sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Buol.

"Untuk Sektor ini, yang paling penting dikembangkan dan dimasifkan adalah budidaya tambak udang dan ikan," ungkapnya.

Amirudin Rauf mengatakan untuk perluasan tambak udang vaname, maka Pemerintah Kabupaten Buol mencanangkan revitalisasi lahan potensial tambak udang.

Lewat revitalisasi itu, sebut dia, setiap warga memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memiliki dan mengelola tambak udang vaname di wilayahnya masing-masing.

"setiap orang dapat mengolah tambak udang seluas 0,5 hektare, dengan metode pengelolaannya secara tradisional," ujarnya.

Ia menjelaskan program revitalisasi tambak tersebut akan disinergikan dengan program Kementerian Perikanan dan Kelautan yang menjadikan Kabupaten Buol sebagai daerah percontohan budidaya udang vaname.

“Dan satu-satunya di Sulteng yang akan dibangun mega program budidaya tambak seluas 2.000 hektare dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,” sebutnya.

Dengan begitu maka target pembangunan daerah akan segera tercapai, utamanya target pembangunan jangka pendek. Target-target jangka pendek antara lain berupa meningkatkan produktifitas panen tambak percontohan, revitalisasi tambak masyarakat, dan mencetak tenaga ahli pembibitan di pusat inovasi tekhnologi perikanan di Morombue, Buol.

"Harus segera dan cepat direalisasikan. Morombue harus jadi laboratorium inovasi tekhnologi budidaya tambak dari situ kita akan lahirkan tenaga ahli dan tenaga tekhnis, baik dalam pengelolaan maupun dalam proses menciptakan larva menjadi bibit," ujar Bupati.

Menurut Bupati jika kita mampu mewujudkan target jangka pendek ini, maka akan menjadi salah satu perhatian pusat, bahwa Kabupaten Buol tidak saja menerima bantuan pusat, namun memajukan dan mengembangkannya.
Bupati Buol Amirudin Rauf bersama masyarakat melakukan panen perdana udang vaname di lokasi tambak percontohan budidaya udang vaname di Buol. (Dok Iqbal)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar