Dinas Perikanan Donggala genjot gerakan makan ikan di daerah terpencil

id pemkab donggala,bupati donggala,dinas kelautan perikanan,ali assagaf,ikan donggala,kasman lassa

Dinas Perikanan Donggala  genjot gerakan makan ikan di daerah terpencil

Bupati Donggala Kasman Lassa didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ali Assagaf menyerahkan bantuan ikan segar dan ikan kering sebanyak 1ton lebih kepada warga Kecamatan Pinembani. (ANTARA/HO-Dinas Perikanan Kelautan Donggala)

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, menggenjot gerakan makan ikan bagi masyarakat di daerah terpencil dan terisolir yang jauh dari laut, demi meningkatkan konsumsi ikan.

"Demikian juga halnya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga," ucap Kepala Dinas Perikanan Kelautan Donggala, Ali Assagaf, di Donggala, Sabtu.

Untuk menggenjot konsumsi ikan oleh masyarakat, Kata Ali Assagaf, Dinas Perikanan Kelautan Donggala memberikan bantuan ikan segar dan ikan kering kepada wilayah kecamatan dan desa yang terpencil dan isolir.

Hal itu, sebut dia, telah dilakukan oleh Dinas Kelautan Perikanan di Kecamatan Pinembani yang merupakan satu wilayah Kabupaten Donggala, yang jauh dari laut.

"Kegiatan bantuan ikan segara dan ikan kering yang pertama kali dilaksanakan gerakan makan ikan di dearah kecamatan atau desa terpencil dan terisolir dengan tujuan peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi dan mencegah stunting," ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Donggala melalui Dinas Perikanan Kelautan, sebut dia, memberikan bantuan ikan segar dan kering yang secara kesehatan mengandung protein yang tinggi dan sehat.

Hal itu, ujar dia, untuk menunjang program pemerintah dalam membangun kesehatan masyarakat di mulai dari rumah tangga, yang tujuannya mencegah stunting atau kasus kekerdilan.

"Pencegahan stunting atau kasus kekerdilan diintervensi dengan pemberian pangan yang sehat dan mengandung protein tinggi, olehnya Dinas Perikanan menyuplai ikan segar dan kering yang mengandung protein tinggi," kata Ali Assagaf.

Berdasarkan data Dinas Perikanan Kelautan Donggala, konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Donggala pada tahun 2020 dengan target konsumsi sebesar 42,28 kilo gram/kapita/tahun, terealisasi 44,7 kilo gram/kapita/tahun.

Selanjutnya target konsumsi ikan tahun 2021 sebesar 44,52 kilo gram/kapita/tahun masih lebih rendah dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan Provinsi 2021 sebesar 62,9 kilo gram/kapita/tahun. Sementara target produksi perikanan tahun 2021 1,4 juta ton lebih,

"Tingkat konsumi ikan ini perlu dilakukan upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat khususnya di Kabupaten Donggala," ujar Ali Assagaf.










 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar