Bupati Buol minta pejabat daerah optimalkan pelayanan masyarakat

id pemkab buol,bupati buol,amirudin rauf,kesejahteraan masyarakat,pelayanan masyarakat

Bupati Buol minta pejabat daerah optimalkan pelayanan masyarakat

Bupati Buol Amirudin Rauf melantik dan mengambil sumpah pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Buol. (ANTARA/HO-Dok Iqbal)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Buol, Sulawesi Tengah, Amirudin Rauf meminta pejabat di daerah tersebut agar dalam menjalankan tugas dan fungsinya dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Tugas pejabat adalah memberikan pelayanan kepada rakyat. Kita harus menyadari bahwa keberadaan kita adalah memberikan pelayanan kepada rakyat.  Olehnya para penyelenggara negara ini harus memiliki beberapa kriteria, salah satunya adalah memiliki wawasan yang luas, mereka harus memiliki ilmu yang mumpuni" ucap Bupati BUol Amirudin Rauf di Buol, Sabtu.

Menurut Bupati Buol, pejabat harus memiliki pengetahuan yang luas karena dengan pengetahuan itu pejabat dapat menangkap apa yang dibutuhkan oleh rakyat, dan apa yang menjadi hajat hidup rakyat yang dipimpinnya. 

"Hanya pejabat yang berilmu dan memiliki wawasan yang luas yang bisa menerjemahkan segala fenomena yang menjadi kebutuhan masyarakat," ujar Amirudin saat melantik dan mengambil sumpah beberapa pejabat untuk jabatan ahli pratama,  pejabat administrasi di lingkungan pemerintahan Kabupaten Buol.

Sebab, kata bupati, jika pemimpin tanpa bekal pengetahuan, sebetulnya pada akhirnya pejabat tersebut berpotensi menjadi dzalim atas jabatanya, dan orang-orang yang sudah mendzalimi rakyat adalah mereka yang hanya mengejar jabatan, tetapi tidak amanah atas jabatan itu. 

Bagi Amirudin, hakekat pengabdian kepada rakyat dilihat dari bagaimana pemimpin menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. 

"Sebagai pejabat,  segala informasi yang masuk harus betul-betul  dikaji secara teliti dan pejabat mesti berada di rel pengabdian.  Di situlah esensi seorang pejabat/pemimpin," ujarnya.

Amirudin menyatakan amanah yang diberikan adalah dasar utama mengabdi pada urusan hajat hidup rakyat, yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh pejabat daerah.

"Ketika saudara-saudara diberikan amanah, kerjakanlah itu dengan baik. Kalian adalah pilihan yang telah diberi kesempatan. Banyak orang yang seperti kalian, namun belum mendapatkan kesempatan," ujarnya. 

Sebab,  kata dia, seorang pejabat yang baik adalah yang betul-betul membaca apa yang dibutuhkan oleh rakyatnya. 


  
Bupati Buol Amirudin Rauf melantik dan mengambil sumpah pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Buol. (ANTARA/HO-Dok Iqbal)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar