Bupati Morowali Utara harapkan kepala sekolah bantu dongkrak IPM

id Sulteng,Sandi,Palu,Morut ,Ppkm

Bupati Morowali Utara  harapkan kepala sekolah bantu dongkrak IPM

Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi. ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Morowali Utara (ANTARA) - Bupati Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dr. Delis Julkarson Hehi berharap seluruh kepala sekolah di kabupaten itu dapat membantu mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia daerah itu.

Menurut Delis, hal itu agar Kabupaten Morowali Utara dapat sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia yang telah lebih maju, utamanya di bidang pendidikan yang menjadi salah satu prioritas pembangunan hingga 2024.

"Pekerjaan rumah Kabupaten Morowali Utara di bidang pendidikan terbilang cukup berat. Hal ini terlihat dari Indeks IPM Kabupaten Morowali Utara yang masih berada di bawah angka rata-rata provinsi dan nasional," kata Delis di Morowali Utara, Sabtu (9/10).

Delis menyatakan kerja sama antara pemerintah daerah dan seluruh kepala sekolah menjadi kunci agar bidang pendidikan dapat mengangkat IPM Morut.

"Para kepala sekolah juga mesti mengembangkan diri untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, sehingga diharapkan dengan semakin berkualitasnya kepala sekolah akan berdampak pula terhadap pola manajerial pengelolaan sekolah yang bemutu," ujarnya.

Selain itu ia menerangkan pola manajerial pengelolaan lingkungan sekolah dan warga sekolah dilakukan secara profesional dan bermutu maka akan melahirkan lulusan-lulusan yang bermutu dan profesional pula.

IPM merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk).

IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

BPS melaporkan IPM Indonesia 2020 sebesar 71,94 atau tumbuh 0,03 persen dibandingkan capaian tahun 2019.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021