Martin raih kemenangan sempurna di MotoGP San Marino

id Jorge martin,francesco bagnaia,marco bezzecchi,dani pedrosa,motogp san marino,motogp 2023

Martin raih kemenangan sempurna di MotoGP San Marino

Pebalap tim Pramac Racing Jorge Martin menjalani latihan pertama Grand Prix Thailand, Sirkuit Internasional Chang, Buriram. (30/9/2022) (AFP/MANAN VATSYAYANA)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin berhasil menyempurnakan akhir pekan di Sirkuit Misano setelah memenangi balapan utama MotoGP San Marino, Minggu.

Martin menjadi pembalap tercepat dan paling dominan di Misano dengan meraih pole position, memenangi Sprint, serta balapan utama.

Pada balapan utama, ia berhasil menahan gempuran dua pembalap Ducati lainnya, yaitu Marco Bezzecchi (Mooney VR46) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dengan selisih waktu masing-masing 1,350 detik dan 3,812 detik.

Martin dengan pasti memanfaatkan cedera yang dialami Bagnaia, dan kemenangan dobelnya di San Marino membuatnya hanya tertinggal 36 poin dari sang pembalap Italia di klasemen sementara.

Persaingan tak hanya terjadi di antara Martin, Bezzecchi, dan Bagnaia, namun juga Dani Pedrosa yang turun sebagai wildcard Red Bull KTM. Pedrosa yang masih menunjukkan kemampuannya sebagai pembalap legendaris itu sempat beberapa kali mengancam posisi Bagnaia dari tiga grid terdepan.

Pedrosa memberikan tekanan besar pada Bagnaia di MotoGP San Marino, dan hanya terpaut 0,669 detik dari podium pertamanya sejak kemenangan terakhirnya pada tahun 2017 di Valencia.

Terlepas dari upaya terbaik Pedrosa, Bagnaia mampu mempertahankan posisinya di tempat ketiga untuk naik ke podium, sementara Maverick Vinales (Aprilia Racing) berada di posisi kelima, disusul oleh Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) menempati posisi keenam, di depan Marc Marquez yang finis di P7.

Lebih lanjut, Raul Fernandez (CryptoDATA RNF), Luca Marini (Mooney VR46), dan Johann Zarco (Prima Pramac) melengkapi 10 besar.

Alex Marquez (Gresini Racing) gagal menyodok ke sepuluh besar, pun dengan pemenang MotoGP Catalunya Aleix Espargaro. Poin-poin terakhir jatuh ke tangan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di urutan ke-13, Brad Binder (Red Bull KTM) di urutan ke-14, dan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha).

Pol Espargaro (GASGAS Tech3) tersingkir dari balapan, begitu pula dengan Joan Mir (HRC).

Dengan hasil tersebut, klasemen sementara masih dipimpin oleh Bagnaia (283), Martin (247), Bezzecchi (218), Binder (173), dan Aleix Espargaro (160).

Sementara itu, putaran MotoGP selanjutnya akan bergulir di Sirkuit Internasional Buddh, India, pada 22-24 September.