PT CPM Palu berdayakan perempuan lokaldi wilayahlingkar tambang

id perempuan,pertambangan,PT CPM,Palu, Sulteng

PT CPM Palu berdayakan perempuan lokaldi wilayahlingkar tambang

Adisti Farani adalah salah satu karyawan perempuan yang berada di posisi operator atau mengemudikan truck bermuatan 45 ton material di PT CPM Palu. (ANTARA/Kristina Natalia)

Palu (ANTARA) - PT Citra Palu Minerals (CPM) berkomitmen memberdayakan kaum perempuan di wilayah lingkar tambang untuk masuk ke industri pertambangan.

“Kami memberdayakan perempuan karena bagi kami semua orang punya kesempatan untuk masuk ke industri pertambangan dan menjadi bagian dari CPM,” kata HRD-GA Manager di PT CPM Fajar Styo Pambudi di Palu, Jumat.

Fajar mengatakan PT CPM bekerjasama dengan PT Mecmahon Mining Services (MMS) untuk menjalankan program kesetaraan gender yang mewajibkan pekerja perempuan lokal sebanyak 40 persen.

“Kesetaraan gender sudah kami dorong sejak perusahaan beroperasi dan bukan berarti karyawan laki-laki kami abaikan, hanya saja komposisinya kami buat adil,” terangnya.

Fajar mengemukakan saat ini terdapat 519 karyawan di PT CPM dan 50 persen merupakan tenaga kerja lokal yang berasal dari tujuh kelurahan di wilayah lingkar tambang.

Dari jumlah tersebut tercatat ada 15 persen yang merupakan karyawan perempuan.

“Khusus PT CPM ada 519 karyawan dan kontraktor sebanyak 750 orang. Kami mendorong agar para kontraktor untuk mengambil peran dalam kesetaraan gender juga,” tuturnya.

Sementara itu Superintendent Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM-CSR), PT CPM Rahyunita Handayani mengatakan memperkerjakan karyawan perempuan masuk dalam salah satu pilar di PT CPM yakni pilar pendapatan real atau pekerjaan. Tujuannya adalah PT CPM membuka kesempatan bagi semua perempuan untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

“Hal itu juga masuk dalam program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat karena kami memandang kemampuan, tidak ada diskriminasi ataupun pelecehan terhadap perempuan,” tegasnya.

Rahayu menambahkan peluang kerja bagi perempuan masih terus dibuka sehingga diharapkan agar kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Perempuan bukan hanya bisa bekerja di bagian kantor tetapi bisa di semua bidang karena akan dilatih, hal itulah yang ada di PT CPM,” ungkapnya.