Polres Parigi libatkan 230 personel amankan rekapitulasi tingkat PPK

id Tps, polri, polisi, Polresparimo, pemilu, rekapitulasi, PPK, pengamanan rekapitulasi

Polres Parigi libatkan 230 personel amankan rekapitulasi tingkat PPK

Dok- Kapolres Parigi Moutong, AKBP Jovan Reagan Sumual memasang tanda pengenal di lengan personel pengamanan Pemilu 2024 dalam gelar pasukan berlangsung Mapolres Parigi Moutong, Senin (5/2/2024). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Polres Parigi Moutong, Sulawesi Tengah melibatkan 230 personel melakukan pengamanan proses rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara di tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).


 


"Masing-masing kecamatan disiagakan 10 personel melakukan pengamanan," kata Kasat Intel Polres Parigi Moutong Iptu Moh Fikri pada rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Parigi, Selasa.


 


Ia menjelaskan pada pelaksanaan pemilu, Polri telah berkomitmen ikut ambil bagian dalam menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi 2024.


 


Oleh sebab itu, pihaknya selalu berupaya menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) guna mencapai tujuan Pemilu damai.


 


"Personel disebar pada 23 kecamatan di kabupaten ini, dengan harapan tingkat kondusifitas dalam proses pleno rekapitulasi di tingkat PPK berjalan lancar hingga selesai sesuai jadwal," ucapnya.


 


Berdasarkan data Polres Parigi Moutong, sekitar 3.304 personel gabungan melakukan pengamanan mulai dari tahap pendistribusian logistik, pemungutan suara di TPS hingga pergerakan logistik dari TPS menuju sekretariat PPK.


 


Termasuk penugasan pengamanan objek vital lainnya dan sekretariat KPU setempat, dengan begitu proses pemilu dipastikan dapat terselenggara dengan baik.


 


"Sejauh ini laporan kami terima, saat pemungutan suara pada Rabu (14/2) berjalan lancar, termasuk kegiatan pengamanan di TPS terpencil dan tersulit juga terlaksana dengan baik," tutur Fikri.


 


Pada PSU yang dijadwalkan 24 Februari 2024, Polres Parigi Moutong juga akan menyiagakan personel pengamanan pada tiga TPS.