KPU Kabupaten Sigi pastikan pleno rekapitulasi suara selesai tepat waktu

id KPUsigi, pleno rekapitulasi, Soelaiman, pemilu, PPK, kabupaten Sigi, Sulteng

KPU Kabupaten Sigi pastikan pleno rekapitulasi suara selesai tepat waktu

Ketua KPU Sigi Soleman (tiga dari kiri) saat membuka rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten di Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (27/2/2024). ANTARA/Moh Salam.

Sigi, Sulteng (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah memastikan pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 selesai tepat waktu dalam lima hari ke depan.
 
"Sebanyak 12 kecamatan sudah selesai rekapitulasi di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) sudah selesai," kata Ketua KPU Sigi Soleman saat pembukaan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten di Sigi, Selasa.
 
Ia mengemukakan 12 kecamatan yang telah selesai pleno di tingkat PPK dilanjutkan ditingkat kabupaten, sedangkan tiga kecamatan lainnya saat ini sedang menyelesaikan proses rekapitulasi diantaranya Kecamatan Marawola, Kulawi dan Sigi Biromaru.

Sementara tiga kecamatan lainnya diupayakan secepatnya selesai rekapitulasi ditingkat PPK selesai, dan mereka menyesuaikan sesuai skedul.
 
"Pleno rekapitulasi perolehan suara adalah bagian dari proses pemilu, " ucapnya.
 
Soleman berharap semua tahapan hingga penetapan hasil pemilihan tingkat kabupaten dapat diterima peserta pemilu, baik partai politik (parpol) dan calon anggota legislatif (caleg) sehingga dapat menjadi dasar untuk proses selanjutnya di tingkat lebih tinggi.
 
"Tentunya dalam tahapan ini, kami juga di bantu aparat kepolisian dari sisi pengamanan. Kami berharap hasil pleno nanti dapat diterima semua pihak hingga penetapan hasil pemilu tingkat DPRD kabupaten/kota," tuturnya.
 
Menurut data KPU Sigi jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Sigi pada Pemilu 2024 sebanyak 826 TPS tersebar di 176 desa dan 15 kecamatan.