Pemkab-Sigi jamin ketersediaan daging sapi jelang Idul Fitri

id Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan ,Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Pemkab-Sigi ,Stok daging sapi

Pemkab-Sigi jamin ketersediaan daging sapi jelang Idul Fitri

Sejumlah peternak memberikan pakan sapi di Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi. (ANTARA/HO-Peternakan Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) menjamin ketersediaan daging sapi selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2024.
 


"Stok ketersediaan daging sapi untuk Kabupaten Sigi cukup dan bisa menyuplai untuk wilayah lainnya seperti Kota Palu," kata Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sigi Ihsan di Sigi, Senin.


 


Dia mengemukakan saat ini pemerintah daerah memiliki tempat khusus untuk penggemukan sapi, sehingga untuk stok daging sapi dan daging hewan lainnya aman selama Idul Fitri mendatang.


 


"Untuk yang khusus tempat penggemukan sapi ada di UPT Bulupountu dan Sekolah Peternakan Rakyat kawasan Dolo Selatan," ucapnya.


 


Kata Ihsan, hampir semua wilayah kecamatan di Kabupaten Sigi memiliki lokasi penggemukan daging sapi yang siap didistribusikan ke kabupaten/kota terdekat.


 


"Semua wilayah kecamatan di Kabupaten Sigi khususnya yang di lembah dan Kecamatan Palolo sebagai tempat penggemukan dan lokasi peternakan yang biasa dagingnya untuk didistribusikan dan sebagai stok daging di kabupaten itu," ujar Sekretaris Dinas Peternakan Sigi.


 


Berdasarkan data Dinas Peternakan dan kesehatan hewan Sigi, data produksi daging dan telur di Kabupaten itu terdapat 10 komoditas yang stoknya tersedia.


 


Produksi peternakan di Kabupaten Sigi yakni Sapi 1.403.650 kilogram daging, Kerbau 17.430 kilogram daging, Kambing 330.824 kilogram daging, Kuda 7.590 kilogram daging, Domba 20.588 kilogram daging, babi 395.288 kilogram daging, Ayam buras 91.335 kilogram, Ayam petelur 6.743.610 butir telur, ayam pedaging 50.274 kilogram daging, dan Itik 55.350 kilogram daging.