Penumpang mudik IduL Fitri di Pelabuhan Pantoloan Palu naik 90 persen

id Mudik, sulawesi tengah, pelabuhan, pantoloan, kota palu

Penumpang mudik IduL Fitri di Pelabuhan Pantoloan Palu naik 90 persen

Para pemudik Lebaran 2024 yang menggunakan jasa transportasi Laut lewat Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, saat KM Lambelu bersandar di Pelabuhan, Minggu 07/04. Foto : ANTARA/ (Rangga Musabar)

Kota Palu (ANTARA) -
Pemudik lebaran 2024 yang menggunakan jasa transportasi laut melalui Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu, Sulawesi Tengah meningkat dibandingkan hari biasanya. 


 


"Kalau kita bandingkan dengan tahun 2023 lalu ada peningkatan yang cukup sigfiikan," kata Kepala PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Palu Siti Nafillah.


 


Menurutnya hal itu juga disebabkan adanya ketambahan frekuensi berlayar atau Call kapal yang sebelumnya hanya enam menjadi sembilan.


 


"Penumpang kita biasanya kan untuk Call kapal di Pantoloan sekitar enam nah untuk ini ada sembilan Call kapal. Jadi kita ada penambahan Call kapal tujuan Balikpapan-Surabaya. Karena tujuan Balikpapan- Surabaya terpadat yang naik dari Pantoloan," terangnya.


 


Sementara itu, Kapal Motor (KM) Lambelu tujuan Balikapapan - Pare Pare - Makassar - Bau bau dan Larantuka menjadi kapal terakhir yang mengangkut pemudik di Pelabuhan Pantoloan Palu, pada Minggu (7/4) dini hari. 


 


Data Pelni cabang Palu, penumpang yang naik pada H-3 Lebaran ini berjumlah 918 orang. Terhitung sejak tanggal 26 Maret hingga 7 April 2024 pemudik yang menggunakan transportasi Kapal melalui Pelabuhan Pantoloan Palu berjumlah sekitar 6.000 orang.


 


"Puncak arus mudik sendiri sudah terjadi pada pemberangkatan di tanggal 1 kemarin tujuan Balikpapan - Surabaya dan tanggal 7 hari ini," jelasnya.


 


Untuk melayani penumpang mudik lebaran tahun 2024 ini, Pelni Cabang Palu sendiri menyediakan dua kapal angkutan lebaran, yakni KM Lambelu dan KM Labobar.


 


"Ini pertama kali naik kapal, mau coba bagaimana pengalaman naik kapal. Terus juga mau liat fasilitas fasilitas di dalam itu juga seperti apa, ia mau ke Pare pare," ucap Fadli salah satu pemudik.