PLN pulihkan jarngan kelistrikan pasca bencana hidrometeorologi di Sulteng

id PLN, pemulihan listrik, bencana hidrometeorologi, pemilihan bencana, Sulawesi Tengah, Sulteng, UP3 Palu

PLN pulihkan jarngan kelistrikan pasca bencana hidrometeorologi di Sulteng

Dokumentasi - Infrastruktur jaringan listrik tegangan tinggi. ANTARA/HO/PLN

Palu (ANTARA) -
PT PLN (Persero) terus berupaya melakukan upaya pemulihan jaringan kelistrikan pasca bencana hidrometeorologi yang melanda sejumlah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah.

 

"Jaringan kelistrikan sejumlah daerah di Sulteng mengalami kerusakan dihantam banjir dan tanah longsor, sehingga kami bergerak cepat melakukan pemulihan," kata Manager PLN Unit Pelayanan Pelaksana Pelanggan (UP3) Palu Yanuar melalui keterangan tertulisnya diterima di Palu, Selasa.

 

Ia menjelaskan dampak bencana hidrometeorologi menyebabkan terhentinya suplai listrik di sejumlah wilayah tersebut, sekitar 49.616 pelanggan yang dilayani oleh 18 penyulang dan 396 gardu distribusi di Kabupaten Parigi Moutong, serta 3.121 pelanggan di Kecamatan Sirenja, kabupaten Donggala disuplai oleh lima penyulang dan 115 gardu distribusi PLN terdampak imbas cuaca ekstrim yang berlangsung kurang lebih dua hari terakhir.

 

Menyikapi peristiwa ini, PLN segera menetapkan status tanggap darurat untuk pemulihan kelistrikan dan mengerahkan petugas secara sigap untuk melakukan perbaikan pada wilayah-wilayah terdampak bencana.

 

PLN mengaku berhasil memulihkan satu penyulang dan satu gardu distribusi di Kecamatan Sirenja, sehingga 121 pelanggan sudah kembali menikmati aliran listrik.

 

Kemudian di Parigi Moutong juga mulai berangsur pulih dengan total 37.740 pelanggan sudah dapat menikmati listrik dari 14 penyulang dan 280 gardu yang berhasil dipulihkan oleh tim tanggap darurat PLN.

 

"Petugas kami berjuang di tengah kondisi cuaca ekstrem untuk memastikan pemulihan kelistrikan dapat berjalan dengan cepat. Kami berkomitmen dalam upaya percepatan pemulihan dengan tetap memperhatikan prinsip keamanan kerja," tutur Yanuar.

 

Menurut dia dengan pulihkan suplai listrik sangat membantu terhadap pemulihan aktivitas masyarakat, khususnya mereka yang terdampak bencana banjir.

 

Percepatan penanganan perbaikan infrastruktur kelistrikan, kata dia, PLN Unit Industri Distribusi (UID) Suluttenggo terus mengawasi dan menilai situasi di lapangan, serta berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan proses pekerjaan dapat berjalan lancar sesuai rencana.

 

Diharapkan seluruh jaringan listrik yang terdampak bisa segera pulih total, sehingga masyarakat dapat kembali menikmati layanan kelistrikan dengan normal.

 

"Kami juga mengajak masyarakat dapat memanfaatkan fitur aplikasi PLN Mobile sebagai layanan pengaduan berbasis digital. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store dan App Store di gadget," ucapnya.