"Diving" Harus Disingkirkan Dari Sepakbola

id FIFA, diving, sepak bola

"Diving" Harus Disingkirkan Dari Sepakbola

FIFA (reuters)

Jakarta - Wakil Presiden FIFA Jim Boyce mengungkapkan diving dalam sepak bola telah menjadi kanker. Dan pemain yang melakukannya harus dikenai larangan bermain.

Komentar Boyce ini menyangkut tudingan yang dilayangkan pelatih Stoke City Tony Pulis terhadap ulah penyerang Liverpool Luis Suarez pada pertandingan imbang 0-0 di Anfield, Minggu. Pulis menyebut tingkah Suarez memalukan.

Pulis bahkan meminta Asosiasi Sepakbola (FA) untuk menghukum mereka yang terbukti melakukan diving dengan larangan bermain dalam tiga pertandingan.

Boyce pun yakin aksi pemain asal Uruguay tersebut merupakan bentuk kecurangan.

"Saya pernah menyaksikan beberapa 'kecelakaan' akhir-akhir ini dan saya juga telah melihat 'kecelakaan' yang menimpa Suarez dua atau tiga kali. Bagi saya tak lain ini adalah bentuk kecurangan," ungkap Boyce yang juga merupakan perwakilan pimpinan FIFA di Britania Raya.

"Semakin lama ini bisa menjadi kanker dalam pertandingan dan saya yakin bahwa sangat jelas jika benar ini merukan percobaan kecurangan, mereka harus diberi hukuman," tambah Boyce.

"Hal ini bisa ditinjau kembali oleh komite disiplin, juga dengan beberapa asosiasi, saya yakin ini cara terbaik untuk memperbaiki hal ini. Saya tahu ini bisa jadi persoalan yang sulit bagi wasit apakah benar itu merupakan pelanggaran atau penjegalan yang benar. Namun jika para pemain melakukan diving, ini justru membuat pekerjaan mereka bertambah sulit."

Sementara itu pihak FA melalui salah satu juru bicaranya mengaku peninjauan kembali bukan sesuatu yang biasa dilakukan oleh FA.

"Simulasi (diving) bukan hal yang sering dilakukan FA, meninjau kembali aksi pemain, tapi ini memang menjadi isu yang sering dibahas dan didiskusikan oleh mereka yang memiliki kepentingan dalam pertandingan."

Namun, pelatih Liverpool Brendan Rodgers membela anak asuhannya tersebut pada Senin. Rodgers mengklaim Suarez telah difitnah akibat aksinya pada Minggu. Menurut Rodgers, pemain Tottenham Gareth Bale juga bersalah akibat mudah jatuh ke tanah.

"Saat ini tampaknya ada aturan sendiri untuk Luis, dan aturan lain untuk pemain lain. Diving tentu saja telah menjadi isu yang besar dalam sepak bola dan kita semua tentu setuju untuk memberantasnya. Namun yang terjadi pekan ini adalah sebuah kecelakaan yang rasanya tak patut untuk dianggap diving," pungkas Rodgers, seperti dikutip dari BBC. (Feb)