Bea Cukai dorong ekspor langsung hasil perikanan dari Luwuk

id Bea Cukai,ekspor,gubernur

Bea Cukai dorong ekspor langsung hasil perikanan dari Luwuk

Gubernur Sulteng Longki Djanggola saat menerima kunjungan Kakanwil Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara Cerah Bangun (kanan) di Palu, Senin (26/2) (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)

Palu (Antaranews Sulteng) - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara, Cerah Bangun menyatakan bahwa Menteri Keuangan memerintahkan dirinya untuk mempelajari prospek pengembangan perekonomian daerah di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kami ditugaskan Menteri Keuangan dan Dirjen Bea dan Cukai mempelajari prospek pengembangan perekonomian di daerah agar jajaran Ditjen Bea Cukai dapat memberikan dukungan maksimal," kata Cerah Bangun kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola di ruang kerja gubernur di Palu, Senin.

Dalam kunjungan silaturahim itu, Cerah Bangun yang didampingi sleuruh Kepala Bea Cukai se-Sulawesi Tengah menjelaskan peran dan fungsi Bea dan Cukai dan menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan penuh untuk memacu pembangunan daerah.

Menurut Bangun, potensi laut di Sulteng sangat besar, sehingga ia mendorong Bupati Banggai dan Banggai Laut untuk melakukan ekspor ikan ke luar negeri langsung dari pelabuhan setempat.

Dorongan itu, kata dia, berdasarkan capaian target penerimaan negara perwakilan Bea dan Cukai Sulawesi Tengah, yang melebihi dari target yang ditetapkan.

Kakanwil juga mengharapkan dukungan Gubernur Sulteng dan jajarannya agar dapat mengkoordinasikan terkait informasi kegiatan ekport dan import ilegal.

"Kami juga berharap jika ada pertemuan para investor, Bea dan Cukai juga dapat dilibatkan," tutup Bangun.

Baca juga: Pakaian Bekas Bernilai Rp9,3 Miliar Ditangkap Bea Cukai

Sementara itu Gubernur Sulteng Longki Djanggola berterimakasih atas kunjungan kerja tersebut sebagai bentuk koordinasi tugas dan fungsi.

Gubernur juga memberikan apresiasi atas kinerja selama ini, dan berharap jangan sampai citra tersebut rusak.

Gubernur menyambut baik atas perhatian Bea dan Cukai, yang turut serta dalam pengembangan perekonomian Sulteng, dimana gubernur berjanji akan terus berkoordinasi dalam kegiatan pengembangan ekonomi di daerah.

"Saya bangga atas apresiasi ibu Menteri Keuangan kepada petugas Bea dan Cukai yang berhasil menangkap penyeludup narkotika," kata Gubernur Longki.

Gubernur kembali berharap agar petugas Bea dan Cukai dapat lebih meningkatkan pengawasan terhadap penyeludupan narkotika, baik melalui jalur laut dan udara, karena bahaya narkotika saat ini sudah sangat mengancam masa depan anak-anak generasi muda.