Pemkab Poso maksimalkan pelayanan kesehatan melalui puskesmas

id poso,darmin

Bupati Poso Darmin Sigilipu (Antaranews Sulteng/Feri Timparosa/)

Saya berharap bangunan ini bisa difungsikan dengan maksimal, keberadaan Puskesmas Olumokunde dengan sendirinya akan mengurangi beban Puskesmas Taripa yang sebelumnya melayani 13 desa
Poso,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, terus berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan secara merata sehingga terjangkau oleh masyarakat sampai di pelosok desa.

Keseriusan pemerintah Kabupaten Poso tersebut dibuktikan dengan diresmikannya satu unit Puskesmas di Desa Olumokunde, Kecamatan Pamona Timur, oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Selasa.

"Saya berharap bangunan ini bisa difungsikan dengan maksimal, keberadaan Puskesmas Olumokunde dengan sendirinya akan mengurangi beban Puskesmas Taripa yang sebelumnya melayani 13 desa," kata Darmin, di Poso, Rabu.

Dia mengatakan keberadaan Puskesmas itu, diharapkan menjadi pusat pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di lima desa dan akan membantu pelayanan kesehatan bagi warga yang sebelumnya harus berobat di Puskesmas Taripa yang jaraknya cukup jauh.

Pembangunan gedung Puskesmas Olumokunde, kata Darmin, merupakan hasil perengkingan dari pelaksanaan kegiatan Musrembang tahun sebelumnya yang telah disepakati bersama.
 
Bupati Poso Darmin A. Sigilipu (Antarasulteng.com/Feri)

Diakuinya, gedung Puskesmas yang baru telah hadir dan diresmikan pemakaiannya semata-mata untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan yang sangat dibutuhkan masyarakat sebelum berobat lanjut ke RSUD Poso.

"Saya sangat mengharapkan agar dokter dan paramedis yang melaksanakan tugas di Puskesmas Olumokunde memberikan pelayanan sebaik-baiknya dan terus melakukan koordinasi dengan Pustu sehingga tujuan bersama menjaga kesehatan masyarakat dapat terwujud," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dr. Taufan Karwur, mengatakan pembangunan Puskesmas Olumokunde merupakan upaya Pemkab Poso dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kecamatan Pamona Timur terdapat 13 desa dengan luas wilayah 701,95 kilometer sangat dibutuhkan adanya Puskesmas noninap salah satunya Puskesmas Olumokunde yang baru saja diresmikan.

"Bagi masyarakat lima Desa yang dapat dilayani di Puskesmas ini agar memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh daerah, jadikan Puskesmas ini sebagai kebanggaan," katanya.

Dirinya juga berharap agar para medis dan dokter dapat memberikan pelayanan terbaik tanpa pilih kasih.

Sebelumnya Puskesmas Taripa melayani 13 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Pamona Timur.

Dengan berdirinya Puskesmas di Desa Olumokunde, maka Puskesmas Taripa tinggal melayani delapan desa, diantaranya Desa Taripa, Tiu, Masewe, Kancu, Didiri dan Kelei. 

Baca juga: Darmin: kita harus bergandeng tangan bangun Poso
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar