Japfa Siap Bangun Pabrik Pakan di Sulteng

id Japfa, pabrik, pakan, jagung

Japfa Siap Bangun Pabrik Pakan di Sulteng

Mentan Suswono (kanan) menyaksikan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Harwanto (kiri) dengan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola (kedua kiri) di Desa Sibalaya Utara, Kec. Tanambulava, Kab. Sigi, Senin (17/9). (ANTARANews/Basri Marzuki)

Kita siap bangun pabrik kapan saja asalkan ada jagung sebagai bahan baku utama. Itu saja syaratnya,".
Palu (antarasulteng.com) - PT Japfa Comfeed Indonesia menyatakan siap membangun pabrik pakan ternak di Sulawesi Tengah jika pemerintah setempat siap menyediakan lahan jagung seluas 100 ribu hektare.

"Kita siap bangun pabrik kapan saja asalkan ada jagung sebagai bahan baku utama. Itu saja syaratnya," kata Kepala Divisi Wilayah I PT Japfa Comfeed Indonesia Yahya Djanggola di Sigi, Kamis.

Dia mengatakan pabrik pakan ternak yang akan dibangun itu membutuhkan jagung sebanyak 500 ribu ton atau lahan seluas 100 ribu hektare dengan produktivitas 5,0 ton per hektare.

"Saya yakin itu bisa dipenuhi oleh Pemprov Sulawesi Tengah sesuai dengan perjanjian sebelumnya antara PT Japfa dan gubernur," katanya.

Dalam nota kesepahaman bersama (MoU) itu, Pemprov Sulawesi Tengah diharapkan bisa menyediakan jagung yang dihasilkan di lima kabupaten/kota pada 2015.

Kelima daerah tersebut antara lain Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong.

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah sendiri saat ini hanya memiliki produksi jagung 141.649 ton pipilan kering pada 2012.

Sementara luas panen jagung di Provinsi beribu Kota Palu ini mencapai 37,4 ribu hektare dengan produktivitas 37,8 kuintal per hektare.

Kabupaten Tojo Una-Una merupakan produsen jagung terbesar di Sulawesi Tengah dengan andil 35 persen dari total produksi. Produksi jagung di kabupaten ini mencapai 50, 6 ribu ton dengan luas panen mencapai 13,6 ribu hektare.

Namun jagung dari Kabupaten Tojo Una-Una banyak dikirim ke Gorontalo karena sudah terikat kontrak.

Yahya mengatakan Sulawesi Tengah memiliki lokasi strategis karena mudah dijangkau dari sejumlah daerah seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan sejumlah daerah lainnya.

"Kalau ada pabrik pakan ternak di Sulawesi Tengah maka kita bisa mencukupi kebutuhan pakan domestik dan daerah lain," ujar Yahya.

Kebutuhan pakan ternak Sulawesi Tengah saat ini dipasok dari Surabaya dan Kalimantan Selatan.

PT Japfa Comfeed Indonesia sendiri sudah memiliki pabrik pakan ternak di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera Barat.

"Bahkan sudah ada enam pabrik di Sulawesi Selatan, sehingga kita butuh pabrik baru," katanya.