Terminal dan pusat perbelanjaan di Kota Palu sepi

id sepi

Terminal dan pusat perbelanjaan di Kota Palu sepi

Terminal Induk Angkutan penumpang antarprovinsi dan dalam provinsi (AKAP/AKDP) Mamboro Palu, Sulawesi Tengah tampak sepi di hari raya Idul Adha 1441 Hirjrian. (Foto Antara/Anas Masa)

Demikian juga tiga pasar induk tradisional di Palu seperti Pasar Masomba, Pasar Bambaru, dan Pasar Manonda Inpres yang sehari-hari menjelang lebaran Idul Adha terlihat ramai dan padat, pada hari raya cukup sepi.
Palu (ANTARA) - Sejumlah terminal angkutan darat dan pusat-pusat perbelanjaan di Kota Palu, pada hari Raya Idul Adha 1441 H/Tahun 2020 sepi dibanding har-hari sebelumnya.

Di terminal angkutan penumpang antarprovinsi dan angkutan penumpang dalam provinsi (AKAP/AKDP) Mamboro, Palu, Jumat terlihat lengang.

Tidak ada satupun kendaraan AKAP/AKDP yang tiba maupun diberangkatkan ke berbagai kota di dalam maupun luar wilayah Sulteng.

Begitu pula, tidak ada seorangpun petugas dari Dinas Perhubungan setempat yang bertugas di terminal itu, padahal hari-hari sebelumnya petugas maupun kendaraan yang masuk-keluar terminal cukup ramai.

Kondisi serupa juga terlihat di Terminal Tipo di wilayah Kecamatan Palu Barat. 

Terminal ini melayani armada-armada AKAP/AKDP tujuan Palu-Pasangkayu (Sulbar) dan Makassar.

Sementara terminal Mamboro di Kecamatan Mantikulore selama ini melayani bus-bus AKDP tujuan Palu-Poso-Tentena-Bungku (Morowali) dan Luwuk (Kabupaten Banggai).

Sedangkan bus AKAP melayani rute perjalanan Palu-Gorontalo-Manado dan Palu-Toraja (Sulawesi Selatan).

Baca juga: Shalat Idul Adha di Poso berlangsung sesuai protap COVID-19

Sepinya arus kendaraan maupun penumpang di hari raya Idul Adha tersebut dipastikan para pengusaha transportasi darat memberikan kesempatan bagi sopir dan kondektur libur mereyakan hari raya tersebut.

Sementara di pusat-pusat perbelanjaan di Kota Palu juga terlihat lengang seperti di bilangan Jalan Monginsidi, Jalan Juanda, Jalan Hasanuddin, Jalan Gajamada dan juga Palu Plaza.

Demikian juga tiga pasar induk tradisional di Palu seperti Pasar Masomba, Pasar Bambaru, dan Pasar Manonda Inpres yang sehari-hari menjelang lebaran Idul Adha terlihat ramai dan padat, pada hari raya cukup sepi.

Sebagian besar pedagang memilih untuk libur merayakan lebaran Idul Adha 2020. 

di Pasar Masomba, salah satu pasar tradisional terbesar di kota itu, juga terlihat sepi.

Baca juga: Wali Kota Palu Shalat Idul Adha bersama warga di Lapangan Vatulemo

Tempat-tempat penjualan daging dan ayam yang sehari-hari menjelang lebaran padat pembeli, kini di hari raya sepi, tidak ada pedangan yang menjual daging sapi atau daging ayam.

Yang ada hanyalah beberapa pedagang ikan, barang campuran dan sayur-mayur. 

Kebanyakan meja dagangan kosong karena pedagang tidak beraktivitas karena merayakan lebaran bersama keluarga dan saudara-saudara mereka.

Di satu sisi, banyak sampah-sampah berhamburan di beberapa titik yang selama ini menjadi TPS (tempat pembungan sampah sementara).

Ny Fatimah, salah seorang pedagang sayuran di kawasan Pasar Masomba Palu mengatakan tetap berjualan, meski pembeli sepi. 

"Ya hanya ada dua pembeli yang berbelanja sayur," katanya.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar