KPU Poso tetapkan 158.646 DPT Pilkada 2020

id KPU Poso,DPT Poso

KPU Poso tetapkan 158.646 DPT Pilkada 2020

Komisioner KPU dan jajarannya usai pleno penetapan daftar pemilih tetap pada 16 Oktober 2020 (Fery Timparosa)

Poso (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Poso telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah itu sebanyak 158.646 pemilih, terdiri dari 80.693 laki-laki dan 77.953 pemilih perempuan.

Komisioner KPU Poso Wilyanita Selviana di Poso, Rabu, mengatakan penetapan jumlah DPT pemilihan serentak gubernur dan bupati Poso tersebut merupakan hasil rapat pleno Kabupaten Poso tentang jumlah DPT yang dilaksanakan di Kantor KPU Poso pada 16 Oktober.

Rapat itu dihadiri Bawaslu Poso, tim penghubung pasangan calon nomor urut satu, dua dan urut tiga, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Perwakilan PPK dari 19 Kecamatan.

Menurutnya upaya maksimal yang telah dilakukan KPU Poso untuk menghasilkan data pemilih berkualitas, tidak lepas dari peran penting penyelenggara ad-hoc panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 19 kecamatan serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 170 desa/kelurahan di Poso.

Sementara untuk jumlah  Tempat Pemungutan Suara (TPS), kata Wilyanita sebelumnya sebanyak 507 TPS, namun sesuai hasil  rapat pleno tentang jumlah DPT tingkat provinsi telah  dilakukan penambahan TPS sebanyak tiga TPS, sehingga jumlah TPS di Kabupaten Poso menjadi 510 TPS.

"Sesuai hasil rapat pleno di Palu tingkat Propinsi, jumlah TPS di Poso ada penambahan tiga TPS, sehingga jumlah resmi TPS sebanyak 510," akunya.

Penambahan jumlah TPS itu, kata Dia  disebabkan di beberapa TPS seperti di Desa Bumi Banyusari Kecamatan Lore Utara, jumlah pemilih lebih dari 500