Banggai terbaik kedua penghargaan pembangunan daerah tahun 2021

id Luwuk Banggai,PPD 2021,Bappenas

Banggai terbaik kedua penghargaan pembangunan daerah  tahun 2021

Musranbang Nasional yang diselenggarakan Bappenas RI di Jakarta dan diikuti seluruh kepala daerah secara virtual, Selasa (4/5/2021). [ANTARA/ HO-Bappenas RI]

Luwuk, Banggai (ANTARA) - Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, meraih penghargaan pembangunan daerah (PPD) tahun 2021 sekaligus merupakan kebanggan bagi pasangan Herwin Yatim dan Mustar Labolo sebagai Bupati Wakil Bupati Banggai di akhir kepemimpinan mereka pada periode 2016-2021.

Pengumuman Banggai sebagai kabupaten terbaik kedua PPD tahun 2021 itu dilsampaikan pada acara pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 secara virtual yang dibuka oleh Presiden RI di Jakarta, dan Herwin Yatim mengikuti acara tersebut secara live steaming di Kantor Bupati Banggai, Selasa.

Kabupaten Banggai disebut meraih predikat sebagai Kabupaten Terbaik Kedua se Indonesia atas sejumlah program dan inovasi daerah dalam perencanaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Tim penilai PPD 2021 menyebutkan sejumlah inovasi dan program yang dilahirkan Pemerintah Kabupaten Banggai dalam mendukung integrasi yang kuat dengan perencanaan pembangunan nasional.

Beberapa inovasi dan program yang telah berhasil di masa kepemimpina Herwin Yatim-Muhtar Labolo itu antara lain pengendalian angka kemiskinan dengan "cross cutting" melalui tiga program terintegrasi, yakni pencegahan dan penanggulangan stunting, penanggulangan kemiskinan, serta pengembangan pariwisata.

Selainn itu program Pasar Tani Online yang diluncurkan Bupati Banggai saat gelombang COVID-19 tahun lalu mendapatkan apresiasi khusus dari tim penilai PPD 2021 karena program tersebut dinilai berhasil menjadi jalan keluar dalam memasarkan produk pertanian di era pandemi tanpa melibatkan kerumuman massa.

Pada kesempatan itu Menteri PPN/Bappenas RI, Sharso Monoarfa, selaku penanggungjawab pelaksanaan PPD 2021 mengatakan penghargaan PPD tersebut mempraktikkan evaluasi kreatif terhadap provinsi, kabupaten dan kota, yang dimaksudkan menumbuhkan motivasi dan penyebarluasan inspirasi membangun daerah dengan lebih berkualitas, melalui perencanaan yang matang, pelaksanaan untuk pencapaian tujuan, dan inovasi menjawab permasalahan.

Penghargaan PPD 2021, kata dia, diharapkan memunculkan daerah-daerah terbaik yang semakin banyak,” harap Menteri PPN/Bappenas RI.

"Jika pembangunan Nasional bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekalipun berhadapan dengan pandemi, pembangunan nasional harus tetap berjalan,” ujar Monoarfa.

Berikut peraih PPD 2021 :
Tingkat Provinsi

Terbaik 1 : Provinsi Sumatera Barat
Terbaik 2 : Provinsi Jawa Barat
Terbaik 3 : Provinsi Bengkulu
Tingkat Kabupaten
Terbaik 1 : Kabupaten Bangka
Terbaik 2 : Kabupaten Banggai
Terbaik 3 : Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Tingkat Kota
Terbaik 1 : Kota Semarang
Terbaik 2 : Kota Padang
Terbaik 3 : Kota Surabaya
Penghargaan Khusus
Kota Pekanbaru (Inovasi pembiayaan alternatif)
Provinsi Bali (ekonomi hijau dan rendah karbon)