Pemkab Buol harap bantuan Pemprov Sulteng mobil PCR keliling

id pemkab buol,bupati buol,wakil bupati buol,abdullah batalipu,covid,mobil pcr

Pemkab Buol harap bantuan Pemprov Sulteng mobil PCR keliling

Bupati Buol Amirudin Rauf (kiri) dan Wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu (kanan). (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Buol)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buol berharap kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membantu mobil PCR keliling untuk mempercepat penanganan dan pengendalian serta pencegahan COVID-19 di daerah tersebut.

"Untuk kelancaran pelaksanaan 'tracking' (pelacakan) di daerah, sekiranya Buol dapat diberikan bantuan mobil pengambilan PCR sehingga hasil 'tracking' bisa lebih cepat terdeteksi tanpa harus melakukan pengiriman sampel terlebih dahulu," ucap Wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu di Buol, Jumat.

Baca juga: Pemkab Buol butuh dukungan Pemprov Sulteng optimalisasi pencegahan COVID

Abdullah Batalipu berharap pemerintah provinsi memberikan bantuan peralatan dan logistik terkait dengan penanganan dan pencegahan COVID-19 di wilayah perbatasan antara Kabupaten Buol dan Provinsi Gorontalo itu.

Utamanya, katanya, menyangkut operasional maupun tes usap bagi para pelaku perjalanan.

"Kami di Buol berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo, sejak ada instruksi gubernur tentang pengetatan kegiatan masyarakat termasuk di wilayah perbatasan, maka kami langsung menutup akses Gorontalo ke Buol, olehnya kiranya pemprov bisa membantu terkait bantuan peralatan dan logistik guna pelaksanaan operasional kegiatan di perbatasan demi kelancaran tugas kami," kata Abdullah Batalipu.

Baca juga: Pemkab Buol lakukan pengetatan pergerakan masyarakat tekan COVID-19

Karena itu, ujar dia, Pemprov Sulteng perlu memberikan bantuan operasional berupa kendaraan PCR keliling agar penanganan pengendalian COVID-19 lebih cepat dilakukan.

"Kabupaten Buol telah menjalankan upaya penanganan COVID-19 sesuai arahan Bupati Buol, semua ini dilaksanakan semata-mata untuk keselamatan masyarakat Kabupaten Buol," ujarnya.

Pemkab Buol telah menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri dan Pemprov Sulteng terkait dengan penangan pandemi COVID-19.

Selain menindaklanjuti beberapa instruksi pusat dan propinsi, dalam upaya penanganan pencegahan penyebaran COVID di Kabupaten Buol, Pemkab Buol juga mengambil langkah-langkah strategis dengan mengeluarkan beberapa kebijakan dalam bentuk surat edaran dan instruksi guna menekan penyebaran COVID-19 di daerah itu.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar