Menkominfo bahas persiapan infrastruktur TIK Moto GP Mandalika

id Menkominfo,Johnny G Plate,Hadi Tjahjanto,MotoGP Mandalika

Menkominfo bahas persiapan infrastruktur TIK Moto GP Mandalika

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (kanan) dan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (27/12/2021) (ANTARA/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate membahas persiapan perhelatan ajang MotoGP Mandalika 2022 bersama Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, khususnya di sektor infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Hadi Tjahjanto diketahui telah mendapatkan amanah dari Presiden RI Joko Widodo sebagai Komandan Lapangan dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

"Pak Hadi menyampaikan atau mendiskusikan dengan saya beberapa hal untuk menyukseskan penyelenggaraan MotoGP di sektor komunikasi dan informatika," ujar Johnny dalam jumpa pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin.



Johnny mengatakan terdapat sejumlah hal yang menjadi fokus pembicaraan dalam pertemuan tersebut. Pertama, terkait kesiapan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang memadai, termasuk spektrum frekuensi untuk paddock yang masih dibutukan penambahan.

"Dan hari ini dapat saya sampaikan Kominfo menyiapkan tambahan spektrum frekuensi sebesar 4 Megahertz di frekuensi 400-an sehingga nanti penyelenggaraan pertandingan itu sendiri, kompetisinya itu sendiri bisa berlangsung dengan baik," kata Johnny.

Selain itu, kata Menkominfo, pertemuan itu juga dilakukan untuk memastikan ketersediaan jaringan fiber optik yang memadai agar transmisi data dari Mandalika ke seluruh Indonesia dan dunia berjalan lancar.

Keduanya Juga mendiskusikan tentang penyediaan bandwidth dan Base Transceiver Station (BTS) dari operator seluler. Johnny mengatakan pihaknya telah melakukan rapat dengan operator seluler untuk memastikan layanan komunikasi tetap memadai selama penyelenggaraan MotoGP yang akan dihelat pada Maret tersebut.

"Di sana kebetulan ada dua operator besar yang beroperasi di Mandalika yaitu Telkomsel dan XL. Saya sendiri sudah melakukan rapat dengan operator seluler di mana mereka juga sudah memastikan akan memberikan layanan telekomunikasi yang memadai pada saat penyelenggaraan MotoGP," ucap Johnny.

Selain kawasan di sekitar arena MotoGP, peningkatan layanan komunikasi juga akan dilakukan di area penginapan. Terkait hal itu, dirinya dan Hadi tengah mendiskusikan lokasi yang akan memperoleh penguatan sinyal telekomunikasi.

Lebih lanjut, Johnny menambahkan bahwa Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik juga gencar mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika 2022 dengan menghadirkan iklan layanan publik, gelar wicara, komunikasi luar ruangan, dan lain sebagainya.

"Kami juga mendiskusikan bagaimana menjaga ruang digital yang sehat termasuk tentu harapannya jangan sampai nanti MotoGP diisi juga dengan hoaks. Marilah kita isi kegiatan motoGP Indonesia Mandalika ini dengan informasi yang bermanfaat, menggerakkan generasi muda kita lebih ikut aktif di dalam mengambil bagian dalam MotoGP," kata Johnny.

Sementara itu, Hadi menyampaikan bahwa pada Februari 2022 akan digelar pertandingan pra musim MotoGP di Mandalika. Nantinya, pertandingan tersebut akan dijadikan sebagai evaluasi untuk mematangkan persiapan gelaran MotoGP pada Maret mendatang.

"Pada bulan Februari nanti tanggal 11 sampai tanggal 13 ada pra musim yang dilaksanakan, akan dihadiri 900 pembalap dan official. Di situlah kita akan menstimulasi kekurangannya apa dalam penyelenggaraan Maret nanti supaya sukses," ucap Hadi.

Hadi juga memastikan gelaran ajang MotoGP Mandalika 2022 akan menerapkan protokol kesehatan ketat, mulai dari penyaringan penonton melalui aplikasi PeduliLindungi, penyediaan fasilitas tes PCR dan antigen, hingga pengaturan kapasitas penonton agar kewajiban menjaga jarak tetap terpenuhi.