Sepekan, Kemenag gelar sidang isbat Ramadhan serta aturan mudik Lebaran

id Kemenag ,BKKBN ,Omicron ,JHT ,G20,Aturan mudik lebaran

Sepekan, Kemenag gelar sidang isbat Ramadhan serta aturan mudik Lebaran

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora dalam sepekan terakhir masih menarik untuk disimak pada Minggu (20/3), mulai dari Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat awal Ramadhan pada 1 April 2022 hingga pemerintah sedang mengkaji aturan mudik Lebaran 2022.
 
Berikut berita rangkuman humaniora sepekan:
 
1. Kemenag gelar sidang isbat awal Ramadhan pada 1 April
 
Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadhan 1443 Hijriah secara hybrid, pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syaban 1443 Hijriah.
 
Berita selengkapnya di sini 
 
2. BKKBN: 71,4 juta keluarga jadi tantangan bentuk keluarga berkualitas

Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Eni Gustina mengatakan sebanyak 71.482.499 keluarga menjadi tantangan pemerintah Indonesia dalam membentuk keluarga berkualitas.
 
Berita selengkapnya di sini
 

3. Indonesia berhasil melewati masa puncak Omicron

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyatakan bahwa Indonesia sudah berhasil melewati masa puncak penularan varian Omicron.
 
Selengkapnya di sini
 

4. Menaker kembalikan ketentuan klaim JHT ke aturan sebelumnya
 
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa revisi Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) akan mengembalikan mekanisme pencairan JHT seperti aturan terdahulu.

Selengkapnya di sini
 

5. Indonesia ingatkan pentingnya persiapkan lulusan adaptif di G20
 
Ketua G20 Education Working Group (EdWG) yang juga Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Republik Indonesia Iwan Syahril mengingatkan pentingnya mempersiapkan lulusan yang adaptif.
 
Selengkapnya di sini
 

6. Satgas: Pemerintah sedang kaji aturan mudik Lebaran 2022
 
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan pemerintah sedang mengkaji aturan terkait kegiatan mudik masyarakat pada Lebaran 2022 di tengah masa adaptasi pengendalian kasus COVID-19.
 
Berita selengkapnya di sini