Ketua PKK Sulteng serahkan bantuan sapi kurban gubernur di Parigi

id Kurban, sapi, hewan kurban, idul Adha, Pemprov Sulteng, PKK Sulteng, Vera Rompas

Ketua PKK Sulteng  serahkan bantuan sapi kurban gubernur di Parigi

Ketua TP-PKK Sulawesi Tengah, Vera Rompas (kedua kanan) mewakili gubernur menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada pengurus Masjid Nurul Bahri Kelurahan Bantaya, Kabupaten Parigi Moutong, Kamis (30/6/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Ketua Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Vera Rompas menyerahkan bantuan satu ekor sapi kurban milik Gubernur Sulawesi Tengah untuk dikurbankan pada Idul Adha 1443 Hijriah di Parigi, Kabupaten Parigi Moutong.
 
"Bantuan hewan kurban ini diberikan untuk warga di Kelurahan Bantaya, Kecamatan Parigi sebagai perwakilan Parigi Moutong," kata ketua TP-PKK Sulteng Vera Rompas mewakili gubernur saat menyerahkan satu ekor sapi kurban di Parigi, Kamis.
 
Ia menjelaskan, kurban di berikan Gubernur Sulteng sebagai bentuk kepedulian sesama dalam meningkatkan hubungan silaturahmi di momen hari raya kurban.
 
Rencananya, Gubernur Sulteng akan menyerahkan sejumlah sapi kurban ke tempat lainnya, dan saat ini masih tiga hewan kurban disalurkan, dua di Kota Palu dan satu di Parigi Moutong.
 
"Insya Allah kurban diberikan Bapak Gubernur semuanya sapi. Bagi daerah lain yang belum mendapat, mohon bersabar karena bantuan ini dilakukan secara bertahap. Tahun depan bantuan selanjutnya di tempat lain," ucap Vera.
 
Menurut dia, kepedulian sesama umat Muslim perlu dibangun dan dipererat, terlebih di momen Idul Adha yang mana umat diajarkan ikhlas, sebagaimana Allah menguji ketakwaan Nabi Ibrahim.
 
"Jangan melihat nilainya, tetapi lihat makna dari kurban. Sebagai umat Muslim kita saling membatu saudara-saudara kekuasaan sehingga mereka bisa menikmati hari raya," tutur Vera.
 
Usman Yamin, tokoh masyarakat setempat mengatakan kurban diberikan Pemerintah Sulteng rencananya disembelih setelah shalat id, dan daging sapi tersebut diberikan kepada mustahiq atau orang yang berhak menerima.
 
Sebagaimana syariat orang-orang berhak mendapat daging kurban menurut syariat Islam salah satunya yakni golongan fakir dan miskin.
 
"Tentunya kami berterima kasih kepada gubernur karena sudah memberikan kepedulian kepada warga setempat," ucap Usman.
 
Dilaporkan, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong juga menyediakan hewan kurban untuk disembelih pada hari raya nanti, saat ini menurut Bagian Kesra jumlah sementara hewan kurban terkumpul 15 ekor sapi.