Dian Sastro pelopori "Perempuan Inovasi" cetak talenta digital

id Dian Sastrowardoyo,Pemberdayaan Perempuan,Perempuan Inovasi

Dian Sastro pelopori "Perempuan Inovasi" cetak talenta digital

Salah satu pendiri dan pemimpin Markoding Amanda Simanjuntak, pendiri Yayasan Dian Sastrowardoyo, dan peserta "Perempuan Inovasi." (ANTARA/HO/Perempuan Inovasi)

Jakarta (ANTARA) - Aktris Dian Sastrowardoyo bersama dua lembaga nirlaba akan melaksanakan program “Perempuan Inovasi” sebagai program pemberdayaan perempuan usia muda.

Melalui siaran pers Perempuan Inovasi, Senin (12/6), kolaborasi tersebut diadakan oleh Yayasan Dian Sastrowardoyo, Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa), dan Magnifique Indonesia untuk perempuan berusia 17-25 tahun yang kurang mampu agar dapat menjadi talenta digital.

“Ini adalah solusi dari berbagai isu terkait perempuan dan teknologi serta gender yang sering kali menjadi penghalang bagi perempuan untuk memaksimalkan kemampuan yang mereka miliki di ranah profesional,” kata Dian Sastrowardoyo selaku pendiri Yayasan Dian Sastrowardoyo.

Dari program “Perempuan Inovasi”, peserta akan mendapatkan pendidikan mengenai kesetaraan gender, keterampilan teknis (coding dan desain UI/UX), soft skill, dan keterampilan abad ke-21. Mereka akan diajarkan mengenai metodologi pemahaman, pemecahan masalah, penerapan praktik, dan pembelajaran terkait perencanaan bisnis.

Peserta dengan kinerja terbaik akan menerima beasiswa Digital Bootcamp serta mendapatkan kesempatan kerja. Peserta juga akan mendapatkan sertifikat, kesempatan untuk membangun koneksi, berhak memiliki portofolio proyek berdampak sosial, serta disiapkan agar dapat terjun langsung ke dunia kerja.

“Program ini berupaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif bagi perempuan,” kata salah satu pendiri dan pemimpin di Markoding Amanda Simanjutak.

Pada tahun 2022, program ini didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan telah melatih 4.122 peserta (83,3 persen perempuan) dan 777 guru (81,7 persen perempuan) dari 742 sekolah di 27 provinsi di Indonesia. Melalui inisiatif ini, mereka meluncurkan 537 proyek inovasi digital dalam bentuk website, aplikasi, dan game.

Tahapan program dimulai dari pendaftaran partisipan di bulan Mei 2023 hingga akhir Juni 2023, disusul dengan program kelas dasar coding dan UI/UX di bulan Juni hingga Juli 2023. Tahapan launching dilakukan pada awal Agustus 2023, sementara bootcamp dilakukan dari bulan Agustus hingga November 2023. Puncak acara dilaksanakan pada Demo Day di bulan Januari 2024. 

Program terbuka untuk perempuan minimal berusia 15 tahun, yang duduk di bangku pendidikan SMP, SMA/SMK sederajat, mahasiswa, profesional, atau yang sedang mencari pekerjaan. Peserta harus memiliki akses internet dan laptop pribadi, serta berkomitmen dalam mengikuti program hingga selesai. Untuk info lebih lanjut dan pendaftaran dapat dilakukan melalui situs: perempuaninovasi.com.