Jokowi tinjau harga bahan pokok di Pasar Menteng Pulo

id Jokowi,harga bahan pokok,Pasar Menteng Pulo

Jokowi tinjau harga bahan pokok di Pasar Menteng Pulo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela peninjauan harga bahan pokok di Pasar Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (15/6/2023). ANTARA/Gilang Galiartha.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau harga bahan pokok di Pasar Menteng Pulo, Jakarta, Kamis, untuk melihat potensi pergerakan inflasi dalam beberapa waktu ke depan.

“Saya ingin melihat situasi harga, terutama berkaitan dengan inflasi setelah Lebaran,” kata Presiden Jokowi di Pasar Menteng Pulo, Jakarta, Kamis.

Menurut Jokowi, sejumlah harga bahan pokok cukup terjaga. Adapun harga bahan pokok yang mengalami kenaikan adalah bawang merah yang mencapai Rp44-45 ribu per kilogram, atau meningkat dibanding harga sebelumnya di Rp32-34 ribu per kilogram.

Untuk komoditas lain seperti beras, Jokowi menyebut tidak ada masalah. Dia mengaku kaget harga beras medium ada yang sebesar Rp9.000 per kg.

“Beras tadi yang medium dijual Rp9.000, Rp9,500 juga ada. Saya kaget juga ternyata ada yang Rp9.000 bagus saya rasa,” kata dia.

Sedangkan untuk harga minyak berkisar di Rp14 ribu, dan, kata Jokowi, telur mengalami penurunan di Rp31 ribu per kilogram.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi setelah Lebaran yakni pada Mei 2023 sebesar 0,09 persen secara bulanan (month to month/mtm) atau menurun dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 0,33 persen (mtm). Dengan perkembangan tersebut, inflasi IHK secara tahunan menjadi 4,00 persen (year on year/yoy), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 4,33 persen (yoy).

Turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.