Ketua MPR harap BI terus optimalkan kapasitas sebagai bank sentral

id Ketua MPR RI, Bank Indonesia, Hari Bank Indonesia

Ketua MPR harap BI terus optimalkan kapasitas sebagai bank sentral

Dokumentasi Ketua MPR, Bambang Soesatyo (kiri), saat mengikuti Upacara HUT Ke-77 Bhayangkara, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/7/2023). ANTARA/HO-MPR

Jakarta (ANTARA) -
Ketua MPR, Bambang Soesatyo, berharap kepada Bank Indonesia (BI) agar senantiasa mengoptimalkan kapasitasnya sebagai bank sentral di Tanah Air, sehingga mampu memelihara kestabilan nilai rupiah.
 
Harapan tersebut dia sampaikan dalam rangka memperingati Hari Bank Indonesia yang jatuh pada 5 Juli. Tahun ini, Hari Bank Indonesia mengambil tema "Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi Memperkuat Transformasi BI bagi Kemajuan Negeri".

"Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia, dan menyampaikan harapan kepada Bank Indonesia agar terus mengoptimalkan kapasitasnya sebagai bank sentral dan mampu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah," kata dia dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, dia meminta Bank Indonesia memaksimalkan pengelolaan di tiga bidang penting dalam perekonomian dan keuangan negara.

 
"Yaitu moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan, guna mendukung perekonomian dan keuangan negara yang lebih baik, khususnya pada saat pemulihan pandemi COVID-19," ucapnya.
 
Selain itu, ketua MPR juga meminta Bank Indonesia untuk meningkatkan pengawasan terhadap bank-bank lain dan mengawasi implementasi aturan pada bank-bank lain tersebut.
 
"Serta tegas dalam menegakkan sanksi terhadap bank yang melanggar aturan," imbuhnya.


Pada momentum Hari Bank Indonesia 2023 ini, dia turut meminta Bank Indonesia untuk terus mempersiapkan langkah antisipasi terhadap bank yang berpotensi bangkrut atau mengalami kesulitan.
 
"Misalnya dengan memberikan bailout atau diberi suntikan dana agar masalah keuangan jangka pendek pada bank tersebut dapat segera terselesaikan," kata ketua MPR.