Kepala RRI Palu: FPN 2023 edukasi generasi muda wujudkan Generasi Emas

id LPP RRI,Kota Palu,Edukasi pelajar ,Festival Pelajar Nusantara ,Sulteng

Kepala RRI Palu: FPN 2023 edukasi generasi muda wujudkan Generasi Emas

Kepala Stasiun Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Kota Palu, M Yusridarto (tengah) berfoto bersama dengan para pemenang lomba pada malam puncak Festival Pelajar Nusantara di Kota Palu, Selasa (24/10/2023). (ANTARA/HO-Dokumentasi LPP RRI Palu)

Palu (ANTARA) - Kepala Stasiun Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Kota Palu, Sulawesi Tengah M. Yusridarto menyatakan Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2023 untuk memberikan edukasi serta mengembangkan kreativitas kepada para pelajar guna mewujudkan Generasi Emas 2045.
 
"RRI sebagai media publik juga ingin memiliki peran dalam memberikan edukasi kepada para pelajar untuk siap menjadi Generasi Emas 2045, salah satunya melalui festival ini," kata Yusridarto usai penutupan Festival Pelajar Nusantara 2023 di Kota Palu, Rabu.
 
Ia menjelaskan bahwa RRI se-Indonesia menyelenggarakan FPN 2023 sebagai bagian dari upaya untuk mengedukasi serta menginspirasi generasi muda agar lebih kreatif serta saling mengenal melalui proses interaksi sosial.
 
LPP RRI, kata dia, juga memberikan kepercayaan kepada para pelajar yang berasal dari berbagai sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) se-kota Palu menjadi panitia pelaksana FPN untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari pembukaan hingga penutupan acara, 22-25 Oktober
 
"Festival ini untuk mendorong dalam menumbuhkan kreativitas para generasi muda karena yang menjadi panitia ini adalah pelajar, dan peserta lomba juga dari pelajar. Jadi dari pelajar, untuk pelajar dan oleh pelajar," katanya.
 
Menurut dia, hal tersebut guna memberikan ruang bagi pelajar agar menginspirasi mereka dalam berkarya, sehingga menjadi generasi yang bermartabat dan hebat.

Adapun kegiatan FPN yang telah terselenggara selama empat hari itu di antaranya pameran sekolah dan UMKM, lomba peragaan busana, lomba menyanyi solo lagu daerah, E-sport dan lainnya.
 
Sementara itu, Sekretaris Dinas Provinsi Sulawesi Tengah Asrul Achmad pada malam puncak FPN 2023 (24/10) juga menyampaikan apresiasi serta mendukung pelaksanaan FPN yang diselenggarakan oleh RRI Palu.
 
Menurut dia, kegiatan FPN yang melibatkan pelajar dari berbagai SMA/SMK se-Kota Palu itu, baik sebagai panitia penyelenggara maupun peserta lomba dalam kegiatan tersebut sangat positif untuk menumbuhkan kreativitas dan membangun motivasi generasi muda sebagai penerus pemimpin di masa depan.
 
"Kami dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng tentunya berharap kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin, karena hal ini merupakan hal yang sangat positif dan bermanfaat, serta menginspirasi para pelajar kita untuk lebih mengembangkan bakat dan kreativitas mereka," ujarnya.