Wako Palu ajak UMKM masuk dalam program inkubator bisnis

id IKM, UMKM, inkubator bisnis, walikotapalu, Hadianto Rasyid, Pemkotpalu, Sulteng, bisnis

Wako Palu ajak UMKM masuk dalam program inkubator bisnis

Foto Arsip - Wali Kota Palu Hadianto Rasyid (baju putih) meninjau kegiatan pasar Ramadhan yang disediakan Pemkot Palu, Selasa (12/3/2024). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengajak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di ibu kota Sulawesi Tengah (Sulteng) masuk dalam program inkubator bisnis untuk meningkatkan pendapatan dengan produk bermutu.

 

"Inkubator bisnis disiapkan untuk meningkatkan kualitas produk supaya bisa menembus pasar nasional, sehingga pendapatan mereka lebih baik," kata Hadianto, di Palu, Kamis.

 

Ia menjelaskan inkubator bisnis dapat menjadi sarana atau etalase berbasis digital untuk tujuan pasar yang lebih terbuka.

 

Sebelum menuju pasar luas maka dibutuhkan penguatan kapasitas pelaku usaha melalui pelatihan untuk perbaikan manajemen bisnis, perbaikan produk dari yang biasa menjadi unggulan dan ditunjang dengan label serta kemasan menarik minat konsumen.

 

"Program ini menyasar UMKM maupun IKM. Pemkot Palu berkomitmen melakukan pendampingan hingga membantu pemasaran produk dengan memanfaatkan mitra yang ada, termasuk berkolaborasi dengan pemerintah pusat," ujarnya pula.

 

Lebih lanjut dia menjelaskan inkubator bisnis masuk ke dalam 53 program unggulan, yang terbagi atas enam poin terdiri atas ekonomi mantap berdaya saing, lingkungan mantap berkelanjutan, infrastruktur mantap berketahanan, SDM mantap, tangguh, berkarakter, pelayanan dasar mantap berkualitas, serta pemerintahan mantap melayani.

 

Menurut data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Palu, jumlah pelaku usaha yang telah terverifikasi ikut dalam program inkubator bisnis sebanyak 1.509 usaha, yang penanganannya dilaksanakan lintas organisasi perangkat daerah (OPD) terdiri dari Disperindag, Dinas Sosial, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dinas Koperasi dan UMKM.

 

Pemkot Palu juga telah membentuk tim khusus pengelola inkubator bisnis yang diambil dari pemerintah setempat, akademisi dan praktisi yang bertugas menjalankan program ini.

 

"Saya berharap melalui program ini masyarakat antusias ikut bergabung, karena inkubator bisnis tujuan utamanya adalah membantu meningkatkan pendapatan UMKM atau IKM supaya ketahanan ekonomi daerah lebih baik ke depan," kata Hadianto.