Gubernur Sulteng tinjau progres pembangunan Pelabuhan Wani dan Donggala

id Pemprov Sulteng ,Pelabuhan Wani,pelabuhan donggala

Gubernur Sulteng tinjau progres pembangunan Pelabuhan Wani dan Donggala

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura meninjau pembangunan pelabuhan di Kabupaten Donggala, Sulteng, Selasa (19/3/2024). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura meninjau progres pembangunan Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Donggala di Kabupaten Donggala, Sulteng.

"Peninjauan ini dilakukan dalam upaya mempersiapkan Kabupaten Donggala sebagai beranda atau etalase depan Sulawesi Tengah menjadi daerah penopang dan penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan," kata Rusdy di Kabupaten Donggala, Sulteng, Selasa.

Ia mengemukakan Pelabuhan Wani memiliki panjang dermaga 150 meter dan saat ini proses pekerjaannya sudah selesai 100 persen.

Sementara itu, Pelabuhan Donggala memiliki panjang dermaga 320 meter dan direncanakan kedua pelabuhan tersebut akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo.

Pelabuhan Donggala menjadi gerbang ekonomi dan mendukung perekonomian di daerah Kabupaten Donggala dan Sulawesi Tengah.

Menurut Gubernur, dengan pemberlakuan Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN, secara tidak langsung mengangkat Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga atau penopang ibu kota baru tersebut.

Dengan letak geografis yang strategis, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga tengah mempersiapkan Kabupaten Donggala sebagai Kota Sunset.

Karena itu, Gubernur berharap Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang bersama Balai Kementerian PUPR dapat bersinergi membangun dan meningkatkan mutu jalan di Kabupaten Donggala agar masyarakat IKN di Kalimantan bisa berkunjung ke daerah pariwisata di Sulawesi Tengah.

"Saya berharap sinergi terus dilakukan untuk membangun dan meningkatkan mutu jalan di daerah ini, sehingga masyarakat IKN dapat menyaksikan panorama Matahari terbenam yang mempesona di Donggala," ujarnya.