Ini daftar makanan yang tepat dikonsumsi saat sahur

id Sahur,tips sahur,tips berbuka,makanan untuk sahur,makanan untuk berbuka

Ini daftar makanan yang tepat dikonsumsi saat sahur

Panitia menyiapkan makanan untuk berbuka puasa sebelum dibagikan kepada warga di Wihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Jakarta, Minggu (17/3/2024). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.

Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan masyarakat dr. Ngabila Salama menganjurkan beberapa makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur atau pun berbuka puasa.

Menurutnya, makanan saat sahur sebaiknya makanan yang dapat membuat perut merasa kenyang dan memberikan energi lebih lama.

"Yang pertama itu sup, baik dari sayuran, serat ataupun daging. Selain membuat kenyang terasa lebih lama, makanan-makanan itu dapat hentikan sel-sel di perut memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan pada tubuh," kata Ngabila melalui pesan instan di Jakarta, Selasa.

 

Makanan berjenis sup dengan kuah bening, kata Ngabila, juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

"Berikutnya itu nasi merah yang memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih dan indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi atau pasta," katanya.

Indeks glikemik rendah, lanjut Ngabila, dapat membuat proses penyerapan zat gizi akan lebih lambat pada tubuh dan kenyang terasa lebih lama.

Selanjutnya, ada kacang-kacangan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan juga memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. 

"Contohnya kacang edamame yang dapat membuat kenyang bertahan lama," imbuhnya.
 

Selain itu, mengonsumsi telur yang dimasak matang akan menyehatkan dan membuat merasa kenyang lebih lama. 

Hal tersebut berkat kandungan protein dan lemak pada telur yang dapat membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama.

"Kemudian buah seperti pisang yang membuat kenyang lebih lama selama berpuasa karena kaya mineral seperti magnesium dan potasium," kata dia.

Selanjutnya, Ngabila juga menganjurkan daftar makanan yang tepat dikonsumsi ketika berbuka puasa. Yang pertama, yakni kurma yang mengandung karbohidrat sederhana yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh setelah berpuasa.

Kurma juga mengandung kalori, serat, protein, serta vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat pada buah kurma juga membuat cepat merasa kenyang sehingga tidak akan mengonsumsi berlebihan.

"Kemudian, makanan tinggi protein seperti telur, ikan, ayam dan daging yang mengandung protein cukup tinggi jadi akan merasa kenyang lebih cepat," ucap Ngabila.

Ikan menjadi salah satu sumber protein dan vitamin B yang bisa membantu untuk mengembalikan energi setelah berpuasa selama satu hari. Selain itu, daging ayam bagian dada tanpa kulit menjadi makanan sehat.
 

"Berikutnya sayuran hijau, seperti kale dan bayam itu menjadi sayuran yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa," ujarnya.

Kandungan protein dan antioksidan di dalamnya, kata Ngabila, membuat lebih bertenaga setelah seharian berpuasa.

"Yang terakhir itu buah-buahan. Nah, buah-buahan itu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi saat buka puasa, contohnya buah pisang yang mengandung gula alami hingga serat," kata Ngabila.