Polda Sulteng galakkan tanam pohon buah wujudkan ketahanan pangan

id Polda Sulteng ,Aksi penanaman pohon ,Ketahanan pangan ,Sulteng ,Kabupaten Sigi

Polda Sulteng galakkan tanam pohon buah wujudkan ketahanan pangan

Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko melaksanakan penanaman bibit pohon di Kabupaten Sigi, Jumat (28/6/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggalakkan aksi penanaman pohon buah di Markas Komando Batalyon A Satbrimob Polda Sulteng Biromaru, Kabupaten Sigi, sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan di daerah itu.

"Kegiatan penanaman pohon aneka pohon buah ini kami lakukan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78," kata Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko di Sigi, Jumat.

Ia mengatakan aksi penanaman pohon ini juga merupakan rangkaian untuk mendukung program pemerintah dalam penghijauan yang sangat penting bagi lingkungan masyarakat.

Melalui kegiatan ini, kata dia, diharapkan anggota Polri dan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan.

Penanaman pohon yang dilaksanakan Polda Sulteng dan Polres jajaran sebanyak 13.000 pohon, dan pohon yang ditanam jajaran Polda Sulteng sebanyak 1.000 pohon.

Adapun jenis pohon yang ditanam, yakni pohon mahoni, pohon nantu, pohon jengkol, pohon pete, ketapang dan tabebuya.

"Pohon sangat penting bagi kita. Selain untuk melindungi dan mencegah erosi, manfaat lainnya yaitu membantu menanggulangi perubahan iklim serta memperbanyak oksigen,” kata Wakapolda.

Sementara itu, Polda Sulteng juga mendukung ketahanan pangan dengan melaksanakan kegiatan berupa budidaya ikan sebanyak 9.300 ekor, budidaya tanaman buah dan sayuran sebanyak 2.750 bibit serta 200 kilogram benih jagung.

Wakapolda menyebutkan ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan Polda Sulteng dalam mewujudkan "Polri Presisi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas" untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan terus melestarikan alam sekitar kita. Ini adalah upaya bersama untuk memastikan keberlanjutan lingkungan bagi generasi mendatang,” ujarnya.