Pemprov Sulteng serahkan bantuan untuk tingkatkan ekonomi warga Buol

id Gubernur Sulteng ,Pemprov Sulteng ,Bantuan,Kabupaten Buol,Sulawesi Tengah

Pemprov Sulteng serahkan bantuan untuk tingkatkan ekonomi warga Buol

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menyerahkan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Buol, di Buol, Sulteng, Minggu (30/6/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat di Kabupaten Buol dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.
 
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Kabupaten Buol, Minggu, mengatakan agar para Kepala Desa dapat berkolaborasi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah masing-masing.
 
"Kepala Desa dan Anggota BPD Se-Kabupaten Buol agar dapat berkolaborasi, amanah dan bekerja lebih maksimal untuk melayani kepentingan masyarakat secara menyeluruh untuk desa yang lebih sejahtera dan lebih maju," kata Mastura pada pengukuhan dan penyerahan Surat Keputusan perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dan Anggota BPD se-Kabupaten Buol.
 
Ia menyampaikan pentingnya kolaborasi dalam melayani masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.
 
Pada kesempatan itu, Gubernur menyerahkan bantuan cadangan pangan beras sebanyak 35.194 kilogram untuk 7.821 jiwa penerima.

Kemudian menyerahkan bantuan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulteng, berupa ternak sapi bibit Donggala kepada kelompok ternak Makmur Jaya.
 
Selain itu, bantuan 100 ribu pohon bibit kopi robusta senilai sekitar Rp1,3 miliar kepada Kelompok Tani Usaha Maju, Pantalangi, Mopotetu dan Kelompok Tani Aer Bajo Subur, serta bantuan hibah semen beku dan sapi Donggala sebanyak 1000 straw kepada program keluarga harapan.
 
"Bantuan ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat," ujarnya.

Pada sektor tanaman pangan dan hortikultura, Pemprov Sulteng memberikan bantuan benih padi, jagung, bawang merah, pupuk hayati cair, herbisida, dan pemberdayaan petani miskin senilai sekitar Rp6 miliar.

Pemprov Sulteng juga memberikan bantuan bibit durian Musaking untuk Kolompok Usaha Perhutanan Sosial Togiti Jaya di Desa Busak 1, Lokinak Jaya di Busak 2, Bayur dan Suka Maju di Desa Mokupo, dan KUPS Suka Damai di Desa Kumaligon.
 
Selain itu, kata Mastura, bantuan ini juga diharapkan dapat mencukupi kebutuhan, beras, daging, durian ataupun kopi di daerah itu ataupun di luar daerah dalam mendukung Sulteng sebagai daerah penyangga IKN.
 
Sementara itu, pada sektor perikanan, Pemprov Sulteng memberikan bantuan senilai sekitar Rp888 juta dan perahu fiber untuk fasilitas pengawasan.
 
"Kami juga memfasilitasi masyarakat dengan bantuan pengadaan dan pemasangan instalasi listrik dan KwH meter untuk masyarakat tidak mampu sebanyak 80 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Bongo, Kecamatan Bokat. Serta bantuan alat Posyandu KIT sebanyak enam paket dari Dinas Kesehatan Sulteng," ujarnya.
 
Pemprov Sulteng juga memberikan bantuan fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) Desa Bulagidun sebanyak sembilan unit, Desa Busak sembilan unit dan Desa Kumaligon delapan unit.