Pemprov-Sulteng serahkan sejumlah bantuan pembangunan ke Banggai

id Gubernur Sulteng ,Rusdy Mastura ,Pemprov Sulteng ,Kunker gubernur ke Banggai ,Banggai ,Bantuan pembangunan ,Sulawesi Ten

Pemprov-Sulteng serahkan sejumlah bantuan pembangunan ke Banggai

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili di Banggai, Selasa (30/7/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Banggai)

Banggai, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyerahkan sejumlah bantuan pembangunan ke pemerintah daerah Kabupaten Banggai dalam upaya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
 


"Saya mengajak pemerintah kabupaten/kota di Sulteng untuk terus berinovasi dan mengembangkan potensi unggulan di daerah masing-masing," kata Gubernur Sulteng Rusdy Mastura saat melakukan kunjungan kerja di Banggai, Selasa.


 


Pada kunjungan itu, Gubernur secara simbolis menyerahkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah sebanyak 30,5 ton bagi 3.637 jiwa.


 


Ia mengatakan bantuan beras ini sebagai salah satu upaya penanganan rawan pangan di sembilan kecamatan di Kabupaten Banggai.


 


Kemudian, Pemprov Sulteng juga memberikan bantuan pada sektor perkebunan dan peternakan berupa bibit sapi, ternak sapi dan ayam senilai Rp921 juta.


 


Selanjutnya bantuan rumah sejahtera terpadu (RST) bagi 12 kepala keluarga (KK) di Desa Balaang, Kecamatan Nuhon senilai Rp173,55 juta, bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) bagi tujuh KK senilai Rp70 juta.


 


Ia berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banggai.


 


Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga meresmikan sejumlah proyek infrastruktur jalan melalui penandatanganan prasasti.


 


"Alhamdulillah, anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kita terus meningkat. Inilah yang kami bagi untuk pembangunan di semua kabupaten/kota di Sulawesi Tengah,” katanya.


 


Adapun sejumlah proyektor yang telah rampung, yakni perbaikan ruas jalan Siuna – Bualemo sepanjang 35 kilometer yang menelan anggaran sebesar Rp60 miliar.


 


Selanjutnya, ruas jalan Balantak – Bonebakal sepanjang 16,9 kilometer senilai Rp32,9 miliar, Pangkalasean – Balantak sepanjang 1,8 kilometer senilai Rp5,6 miliar, dan Balingara – Longge Atas sepanjang 1 kilometer senilai Rp4,6 miliar.


 


Sementara itu, Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulteng atas gelontoran program pembangunan untuk menumbuhkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.


 


Menurut dia, perbaikan ruas jalan Siuna – Bualemo merupakan salah satu program yang sangat dinantikan oleh masyarakat, khususnya yang mendiami wilayah Kecamatan Bualemo.


 


"Alhamdulillah, bantuan program pembangunan sudah di atas seratusan miliar. Termasuk hari ini yang dibagikan oleh Pak Gubernur. Terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak gubernur yang telah banyak memberikan bantuan program pembangunan di Banggai," ujarnya.