Banggai Kepulauan serahkan bantuan kapal kepada 9 kelompok nelayan

id Pemda Banggai ,Bantuan kapal kelompok nelayan ,Kabupaten Banggai Kepulauan ,Sulawesi Tengah

Banggai Kepulauan serahkan bantuan kapal kepada 9 kelompok nelayan

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir menyerahkan bantuan kapal kepada kelompok nelayan di Bangkep, Jumat (6/9/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Banggai Kepulauan)

Banggai Kepulauan, Sulawesi Te (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, menyerahkan bantuan kapal penangkap ikan berukuran di bawah lima Gross Tonage (GT) kepada sembilan kelompok nelayan yang tersebar di wilayah ini.
 
Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir di Bangai Kepulauan (Bangkep), Jumat, mengatakan sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang mendukung perekonomian masyarakat, terutama bagi masyarakat di daerah pesisir.
 
"Oleh karena itu bantuan kapal atau perahu ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan efisien nelayan dalam laut, sekaligus mendorong hasil tangkap ikan yang lebih baik dan berkelanjutan,” katanya.

Ia menjelaskan bantuan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Banggai dalam meningkatkan hasil tangkap para kelompok nelayan dan mendorong meningkatnya perekonomian masyarakat setempat.
 
Ia mengatakan bantuan ini merupakan program dari Dinas Perikanan Kabupaten Banggai Kepulauan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran (TA) 2024.
 
Untuk itu Bupati Ihsan Basir menyampaikan apresiasi terhadap Dinas Perikanan Bangkep yang bekerja keras dalam menyelenggarakan kegiatan ini dan juga kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam program tersebut.
 
Adapun kelompok nelayan penerima bantuan yakni Kelompok Usaha Bersama (KUB) Rep Kembar Desa Bongganan, Koperasi Nelayan Pomenggon Noa Desa Kautu, KUB Sinar Rembulan Desa Sambiut, KUB Tuna Mandiri Desa Kombutokan, KUB Natuna Desa Kalumbatan, KUB Padakauang Desa Kalumbatan, KUB Anugra Desa Lobuton, KUB Tengkelean Desa Mansamat, dan KUB Lonsiang Star Dess Aambelang.
 
Bupati Ihsan juga menyampaikan agar bantuan kapal perahu yang diberikan dapat digunakan dan dikelola dengan baik, sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam waktu lama.
 
"Mari kita semua menjaga dan merawat fasilitas yang ada dengan penuh tanggung jawab agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lama,” ujarnya.