Danau Tambing Objek Wisata Favorit Anak Muda

id tambing

Danau Tambing (Danau Tambing)

Palu,  (antarasulteng.com) - Danau Tambing, salah satu objek wisata alam di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah merupakan destinasi wisata yang paling favorit bagi anak muda.

Pantauan Antara, Minggu, setiap hari libur akhir pekan, objek wisata yang terletak di atas ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut (dpl) itu, dipadati pengunjung.

Paling banyak pengunjung adalah kalangan muda-mudi, terutama mereka yang selama ini tergabung dalam komunitas pecinta alam mulai dari pelajar sampai mahasiswa.

Rini, salah seorang anggota komunitas pecinta alam di Palu mengatakan setiap liburan akhir pekan, komunitasnya selalu mengisi waktu libur dengan melalukan perkemahan di lokasi objek wisata tersebut.

"Saya dan teman-teman biasanya datang berkemah selama dua hari Sabtu dan Minggu," kata mahasiswa semester VI pada salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Palu itu.

Hal senada juga disampaikan Putra, salah seorang pelajar SMA di Kota Palu. Ia mengatakan setiap libur akhir pekan bersama-sama beberapa teman sekolahnya mendatangi objek wisata Danau Tambing.

Di lokasi ini biasanya mereka bermalam dua malam yakni Jumat dan Sabtu. Hari Minggu baru kembali ke Palu karena hari Senin sudah masuk sekolah lagi.

Ia mengatakan banyak hal yang bisa dipelajari di objek wisata tersebut. Selain alam sekitarnya masih bagus, juga di lokasi wisata yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) itu banyak jenis burung yang hidup dan berkembangbiak.

Dan rata-rata wisatawan manca negara yang datang ke lokasi itu hanya khusus untuk mengamati dan meneliti burung-burung yang ada di sekitarnya.

Di objek wisata yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng itu juga terdapat rumah anggrek dan kantong semar, tumbuhan langka yang cukup menggoda para pengunjung.

Di lokasi tersebut juga terdapat danau. Pada pagi hari danau diselimuti kabut embun dan hal itu menjadi daya tarik yang memesona bagi siapa saja yang ada di objek wisata tersebut.

Untuk masuk ke lokasi, pihak pengelola yakni Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu mengutip biaya Rp5.000/orang bagi wisatawan lokal.

Sementara untuk wisatawan mancanegara biaya masuk Rp250.000/orang.

Pihak pengelola juga menyediakan tenda sewa dengan harga Rp25.000/tenda.

Obyek wisata Danau Tambing termasuk salah satu dari tiga destinasi wisata unggulan yang telah ditetapkan pihak Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Dua destinasi unggulan lainnya adalah Togean di Kabupaten Tojo Una-Una dan benda-benda purbakala yang ada di sekitar Lembah Bada, Kabupaten Poso. (skd) 
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar