Poso fokus perbaiki jalan wisata di Danau Poso

id danau poso

Poso fokus perbaiki jalan wisata di Danau Poso

Ilustrasi, Ratusan karyawan PT. Poso Energy dan PT. berkonvoi melintas Kota Tentena, menuju Danau Poso untuk menggelar bahkati sosial membersihkan lokasi-lokasi wisata di tepian Danau Poso, Senin (1/5) (Antarasulteng.com/Feri Timparosa)

Program utama kami di Danau Poso itu adalah memperbaiki jalan menuju air terjun Saloupa kerena peserta TdCC akan dibawa melihat keindahan Saloupa
Poso,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah daerah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, kini mulai fokus untuk membenahi sarana dan prasarana serta fasilitas wisata di Danau Poso, termasuk memperbaiki akses jalan menuju obyek wisata air terjun Saluopa di tepian Danau Poso.

Pelaksana tugas Kadis Pariwisata Poso Joksan Lakukua yang dihubungi di Poso, Rabu, menyebutkan bahwa pembenahan-pembenahan tersebut dilakukan untuk menyambut Festival Danau Poso (FDP) 2018 dan kunjungan para pebalap sepeda dunia yang akan mengikuti Tour de Central Celebes pasa 16-22 Oktober 2018.

"Program utama kami di Danau Poso itu adalah memperbaiki jalan menuju air terjun Saloupa kerena peserta TdCC akan dibawa melihat keindahan Saloupa," katanya.

Menurut Joksan yang juga Sekda Poso itu, untuk rencana lainya masih akan dirapatkan oleh Panitia TdCC Kabupaten Poso yang akan berlangsung usai Hari Raya Idul Fitri.

"Kalau rencana lainya, masih akan dirapatkan oleh panitia khusus TdCC, kemungkinan kami akan fokus pada infrakstutur. Kami sudah ada pengalaman pada TdCC tahun lalu, jadi kita akan perbaiki hal-hal yang kurang mnaksimal," ujarnya.

TdCC II Tahun 2018 akan mengambil star di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, menuju Kota Palu, dengan melintasi Kabupaten Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Donggala dan Kabupaten Sigi, menempuh jarak sekitar 850 kilometer yang dibagi dalam enam etape.

Peserta dijadwalkan akan finish di Kota Poso pada 18 Oktober untuk etape II (Ampana-Poso) dan disambut di ujung jalan jalur dua untuk dijamu makan siang dan hiburan berupa atraksi kesenian daerah.

Setelah menyelesaikan garis finish serta hiburan dan pesta kuliner tersebut, peserta akan dibawa dengan kendaraan-kendaraan khusus ke kota wisata Tentena di tepian Danau Poso.

Di Tentena, seluruh peserta akan diantar melihat keindahan air terjun Saloupa dan melakukan city tour, kemudian seluruh pebalap akan diinapkan di cottage-cottage Pantai Siuri dan lokasi Air terjun Saluopa.

Besoknya, kata Jopksan, peserta akan dilepas di Desa Tonosu, sekitar Danau Poso untuk menempuh etape III menuju Kota Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, yang akan merupakan rute etape terpanjang.

Sebelum peserta TdCC tiba di Poso, pemkab setempat akan menyelenggarakan Festival Danau Poso (FDP) di Kota Tentena, sebuah kegiatan wisata tahunan yang sudah masuk kalender kegiatan keparisiataan nasionalterpanjang.