Dinas Bina Marga Sulteng benahi jalan wisata Danau Poso

id poso,tdcc,jalan provinsi,tentena

Dinas Bina Marga Sulteng benahi jalan wisata Danau Poso

Ruas jalan Tonusu-Siuri, tepian Danau Poso sedang dipermulus dengan aspal beton. (Antaranews Sulteng/Rolex Malaha)

Poso (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sedang giat membenahi jalan di pantai barat Danau Poso, Kabupaten Poso, untuk mendukung kelancaran lomba balap sepeda wisata internasional bertajuk Tour de Central Celebes (TdCC) II-2018.
     
Wartawan Antara yang melihat dari dekat kondisi jalan tersebut, Selasa, menyaksikan ruas jalan antara Kota Wisata Tentena menuju resort wisata Siuri sekitar 25 kilometer dari Tentena, hampir seluruhnya sudah mulus.

Sepanjang empat kilometer jalan antara obyek wisata air terjun Saluopa menuju resort Siuri baru saja selesai dikerjakan menggunakan dana APBD 2018 senilai Rp4 miliar. Jalannya kini beraspal mulus dan lebar sehingga sehingga sangat nyaman dilintasi dengan pemandangan indah di Danau Poso dan hutan yang masih cukup lebat di sisi lainnya.

Sementara itu pada ruas Tentena-Tonusu masih ada beberapa titik yang berlubang-lubang dan sempit sehingga kurang mendukung untuk dilintasi rute balap sepeda. Jalannya sempit dan bahu jalan masih penuh rumput sehingga harus eksra hati-hati saat melintas, terutama di tikungan.

Baca juga: Poso akan manjakan peserta TdCC di Kota Wisata Tentena
Baca juga: Jalan nasional Palu-Luwuk mulus sebelum TDCC digelar
Baca juga: Hj. Zalzulmida: TDCC 2018 harus lebih baik


"Ruas Tentena-Tonusu ini sedang kami tangani, tak hanya membuat mulus badan jalannya tetapi juga memperlebar dan memadatkan bahu jalan sehingga lebih enak dan aman untuk dilewati," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng Syaifullah Djafar yang dihubungi terpisah.

Syaifullah yang hobi olahraga lari marathon ini menjamin sebelum penyelenggaraan TdCC II pada 14-18 Oktober 2018, semua ruas jalan provinsi yang dilintasi rute TdCC, baik di Poso maupun kabupaten lainnya akan mulus.

Sementara itu Kabag Humas Pemda Poso Armol Songko menyebutkan bahwa Kabupaten Poso akan menjadi tempat finis untuk Etape II dan stas untuk etape III TdCC itu.

"Etape II Ampana-Poso akan finis di Kota Poso. Setelah finis, para peserta akan diangkut ke Kota Tentena dan diinapkan di lokasi wisata Siuri, lalu besoknya akan memulai Etape III Tentena-Parigi dengan titik star di obyek wisata air terjun Saluopa," ujarnya.

Selama berada di tepian Danau Poso, para peserta akan dibawa menikmati keindahan alam Poso dan dihibur dengan penampilan seni dan budaya serta kuliner lokal. 
 
Pemandangan indah Kota Tentena di tepian Danau Poso (Antaranews Sulteng/Istimewa)