Wiranto: pasukan evakuasi akan ditarik dari Sulteng

id wiranto

Wiranto: pasukan evakuasi akan ditarik dari Sulteng

Menko Polhukam Wiranto (kedua kiri) didampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kiri) meninjau pembangunan hunian sementara (huntara) jelang berakhirnya masa tanggap darurat bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (26/10/2018). Pemerintah akan menyiapkan hunian sementara sebagai tempat tinggal para korban yang rumah tinggalnya terdampak gempa bumi dan tsunami dalam masa transisi setelah masa tanggap darurat selesai. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.)

Beberapa pasukan harus kita tarik kembali, kemudian bantuan-bantuan alat berat berangsur-angsur harus kita tarik lagi.
Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, pasukan TNI dan Polri yang melakukan evakuasi korban dan pengamanan akan ditarik dari Sulawesi Tengah.

Menko Polhukam Wiranto saat memberikan pengarahan kepada kementerian dan lembaga terkait di kantor Gubernur Sulawesi Tengah, di Kota Palu, Jumat mengatakan, pemerintah memutuskan untuk melakukan perpindahan tahapan penanganan bencana yang disebut tahap transisi, yaitu dari tahap tanggap darurat akan masuk ke tahap rehabilitasi-rekonstruksi.

Kedatangan Wiranto di Kota Palu, Sulawesi Tengah itu untuk meninjau kesiapan pelaksanaan tahap transisi tersebut secara langsung.

"Jadi antara tahap tanggap darurat ke tahap transisi menuju rehabilitasi-rekonstruksi ada banyak langkah-langkah yang harus diselesaikan, banyak kegiatan yang harus disesuaikan. Karena nantinya akan sangat beda," kata Wiranto dalam siaran persnya.

Menurut dia, pada tahap ini akan ada satu perpindahan kegiatan, seperti penarikan pasukan evakuasi dan pengamanan, bantuan luar negeri yang akan dihentikan, dan sebagainya.

Namun, pemerintah pusat akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah mengenai apa saja yang masih dibutuhkan pada tahap transisi ini.

"Beberapa pasukan harus kita tarik kembali, kemudian bantuan-bantuan alat berat berangsur-angsur harus kita tarik lagi. Lalu fasilitas umum, apakah itu masalah PDAM, listrik, BBM sudah normal betul sehingga tidak perlu difasilitasi, fasilitas keamanan juga sudah dapat dinormalkan sehingga tidak perlu lagi ada penambahan pasukan polisi dari luar daerah, itu semua butuh koordinasi," tutur mantan Panglima TNI ini.
 
Menkopolhukam Wiranto memberi keterangan terkait perkembangan penanganan bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (1/10). Menurut Wiranto pemerintah akan menerima bantuan dari dunia internasional yang disesuaikan dengan kebutuhan korban. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz/18.)  

Menurut dia, pada tahap ini kegiatan di masyarakat juga perlu mendapat perhatian. Pemerintah sendiri saat ini sudah mulai membangun Hunian Sementara (Huntara) yang ditargetkan sebanyak 1.200 unit, maaing-masing unit dapat dihuni oleh 10-12 KK. 

"Yang terpenting pada tahap transisi ini adalah kita membangun Huntara, ini yang harus kita kebut. Agar masyarakat yang masih mengungsi di tenda-tenda  bisa tinggal di hunian sementara sambil nunggu rumahnya jadi," ujar Wiranto.

Apalagi, lanjutnya, saat ini Indonesia sedang memasuki musim hujan, sehingga dikhawatirkan jika masih tetap tinggal di tenda dapat mudah terserang penyakit.

"Ini kan 'leading sector'-nya Kementerian PUPR dengan melibatkan berbagai prrusahaan-perusahaan BUMN dan swasta. Tapi yang terpenting adalah saya di sini tadi minta supaya kontraktor lokal dan masyarakat dilibatkan sebagai pekerja agar mereka mendapatkan penghasilan dan dari situ mereka bisa hidup, jangan hanya mengandalkan dari Jaminan Hidup (Jadup) dari pemerintah yang tidak mungkin cukup," ucapnya. 

Terkait penarikan pasukan pengamanan, tambah dia, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena adanya penjarahan pascabencana karena bersifat spontan.

"Tadi orang-orang tanya, bagaimana pak, apa mungkin akan ada penjarahan lagi? Ya tidak ada. Penjarahan itu kan bersifat spontan, pada saat orang tidak bisa makan, tidak bisa minum, disampingnya ada mini market, saya pun jarah juga jika jadi mereka," tukas Wiranto.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Bupati Donggala Kasman Lassa, perwakilan dari TNI, BNPB, serta kementerian dan lembaga terkait.

Baca juga: Wiranto: pemerintah siapkan rehabilitasi dan rekonstruksi Sulteng