Mantan gelandang Inggris Joe Cole gantung sepatu

id Joe Cole

Joe Cole (reuters)

Setelah 20 tahun sebagai pemain profesional, waktunya telah tiba bagi saya untuk gantung sepatu
Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Mantan gelandang timnas Inggris dan Chelsea Joe Cole pada Selasa menyatakan pensiun setelah 20 tahun berkarir sebagai pesepak bola profesional.

Cole, yang baru berulang tahun ke-37 pekan lalu, telah membuat 716 penampilan dan mencetak 104 gol untuk tujuh klub yang berbeda dan menyelesaikan karirnya dengan Tampa Bay Rowdies di liga tingkat dua Amerika Serikta, United Soccer League.

"Setelah 20 tahun sebagai pemain profesional, waktunya telah tiba bagi saya untuk gantung sepatu," kata pemain yang mengawali karirnya lewat tim muda West Ham United dalam pernyataan tertulis yang dikutip Reuters, Rabu.

"Ini adalah mimpi yang telah menjadi kenyataan. Semua ini," kata Cole.

"Apa pun selanjutnya, saya harap dua dekade ke depan sama spesialnya seperti 20 tahun yang saya lalui sebagai pemain profesional," kata dia.

Cole membuat debut di dunia sepak bola dengan West Ham ketika dia berusia 17 tahun dan menjadi kapten tim tersebut empat tahun kemudian.

Waktu itu dia digembor-gemborkan sebagai salah satu pemain muda Inggris berbakat karena memiliki kemampuan menggiring bola yang apik dan memiliki pengamatan yang tajam.

Dia bergabung dengan Chelsea pada 2003 sebagai salah satu pemain yang direkrut menyusul pergantian kepemilikan klub oleh konglomerat Rusia, Roman Abramovich.

Walaupun gagal untuk membuktikan kemampuan dirinya di hari-hari pertamanya di Stamford Bridge, Cole mampu membawa Chelsea memenangi tiga gelar Liga Premier dan dua Piala FA.

Di panggung internasional, Cole termasuk anggota 'generasi emas' timnas Inggris waktu itu bersama Frank Lampard, David Beckham, Steven Gerrad dan Rio Ferdinand.

Cole mencetak 10 gol di 56 penampilannya untuk timnas antara tahun 2001 - 2010, namun gagal menunjukkan potensi yang dia miliki seperti ketika dia sebagai pemain muda dulu.

Cole bahkan sering didera cedera selama karirnya.

Dia dipanggil untuk membela timnas di Piala Dunia 2002, 2006, dan 2010. Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan menjadi penampilan terakhirnya untuk timnas.

Setelah meninggalkan Chelsea pada 2010, Cole sempat bermain untuk Liverpool, Lille, West Ham, Aston Villa dan Conventry City sebelum akhirnya merumput di Amerika Serikat.

Sempat menjadi asisten pelatih di the Rowdies, Cole sekarang ingin mengejar karir sebagai pelatih ke depannya.

"Saya ingin selalu terlibat di pertandingan. Saya kira banyak yang bisa saya tawarkan sebagai pelatih dan saya telah memiliki kesempatan untuk mengampu posisi itu bersama the Rowdies," kata Cole.

"Menggunakan pengalaman saya untuk membantu para pesepakbola muda mencapai mimpinya, seperti yang telah saya lalukan, adalah gairah saya," kata Cole.
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar