Guru Di AS Dilatih Gunakan Senjata Api

id guru dilatih gunakan senpi

Guru Di AS Dilatih Gunakan Senjata Api

Ilustrasi (ANTARANews)

..guru bahkan berikrar akan melindungi murid mereka dengan senjata api sekalipun mereka menghadapi resiko kehilangan pekerjaan mereka."
Cleveland (antarasulteng.com) - Ratusan guru sekolah di Teksas berkumpul untuk mengikuti pelajaran gratis penggunaan senjata api dan ratusan guru lagi di Ohio telah mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan setelah pembantaian di sekolah dasar Connecticut.

Sebagian guru bahkan berikrar akan melindungi murid mereka dengan senjata api sekalipun mereka menghadapi resiko kehilangan pekerjaan mereka.

Di Ohio, lebih dari 900 guru, administratur dan pegawai sekolah mendaftarkan diri di Perhimpunan Senjata Api Buckeye, yang baru dibentuk, untuk mengikutip program pelatihan penggunaan senjata api selama tiga hari, kata perhimpunan tersebut.

Di Teksas, Concealed Handgun License menawarkan pelajaran gratis buat guru dan 400 kursi segera terisi, sehingga lembaga tersebut menawarkan kelas lain, kata seorang instruktur. Dua kelas di Teksas meluluskan sebanyak 460 pendidik.

"Setiap guru yang memiliki izin dan memilih untuk mempersenjatai diri, mesti mampu memegang senjata," kata Gerald Valentino, pendiri-bersama Buckeye Firearms Association, sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu pagi. "Itu mesti menjadi pilihan setiap guru."

Tragedi 14 Desember di Newtown, Connecticut, tempat 20 murid kelas satu dan enam orang dewasa tewas di Sandy Hook Elementary School, memicu perdebatan nasional mengenai apakah guru mesti mempersenjatai diri.

Kematian murid yang berusia enam dan tujuh tahun membuat Presiden Barack Obama menjanjikan "aksi berarti" guna menangani kekerasan dengan menggunakan senjata api. Sementara itu, National Rifle Association telah menyarankan untuk mempersenjatai guru dan menempatkan penjaga terlatih di masing-masing dari 100.000 sekolah di negeri tersebut.

Ohio dan Teksas bukan yang pertama menawarkan pelatihan penggunaan senjata api secara gratis buat para guru. Hanya beberapa hari setelah pembunuhan massal di Connecticut, sebanyak 200 guru di Utah menjalani pelatihan gratis dari pegiat senjata api.

Namun para pengeritik mencemooh tindakan mempersenjatai guru sebagai gagasan yang membabi-buta dan didorong oleh penggemar senjata api yang terlalu bersemangat. Mereka mengatakan itu hanya akan menambah besar bahaya bagi ruang kelas karena bisa menggeser perhatian guru dari pekerjaan mereka mendidik murid mereka.

Sebagian pendidik menentang, dan mengatakan peran mereka ialah mengajar, bukan bertindak seperti polisi.

Ohio Parent Teacher Association percaya "sekolah harus sepenuhnya bebsar dari senjata api", kata Direktur Pelaksana Sue Owen.

"Orang yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk melakukan itu mesti membawa senjata api, tapi itu bukan yang kami pilih," kata Rita Haecker, Presiden Texas State Teachers Asscociation, perhimpunan yang memiliki 68.000 anggota.

Para pendukung gagasan tersebut mengatakan guru yang memiliki senjata api mestinya dapat menghentikan pembantaian di Sandy Hook, yang dilakukan oleh orang yang berusia 20 tahun dan bersenjatakan senapan serang ala-militer. Ia bunuh diri setelah menembak banyak murid dan orang dewasa. (Ant-Reuters)