Polres Palu siagakan sembilan posko mudik Lebaran

id Palu,Polres Palu,Mudik,Arus mudik

Polres Palu siagakan sembilan posko mudik Lebaran

Petugas sedang siaga di salah satu pos pelayanan Lebaran yang disiagakan Polres Palu di Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu, Jumat (31/5/2019) (ANTARA/Sulapto Sali)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Resort Palu, Sulawesi Tengah, menyiagakan sembilan pos komando (posko) untuk mengawal dan mengamankan arus mudik Lebaran 2019.

"Kita ada sembilan pos terpadu, pos pam (pengamanan) dan pos yan, dalam rangka Ops (operasi ketupat) Ketupat Tinombala 2019, pengamanan Lebaran," kata Kapolres Palu AKBP Mujianto di Palu, Jumat.

Sembilan pos ini, kata dia, antara lain berada di di pos terpadu Jalan Jenderal Sudirman, pos terpadu pelabuhan Pantoloan, pos pam Jalan Maesa, pos pam Jalan Touwa, pos pam kawasan Lapangan Vatulemo, pos pam kawasan pusat perbelanjaan Palu Plaza, pos yan Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu, pos yan terminal Mamboro dan pos yan terminal Tipo.

"Pos-pos ini adalah penunjang pelaksanaan operasi Ketupat Tinombala 2019 untuk memantau arus mudik lebaran dan membantu masyarakat jika ada yang membutuhkan bantuan," katanya.

Dia menyebut selain mendirikan sembilan posko pelayanan Lebaran, Polres Palu juga menerjunkan kurang lebih 300 personel gabungan untuk mengamankan arus mudik lebaran 2019.

"Selain membangun sembilan pos terpadu, pos pam dan pos yan, kami juga melibatkan 300 personel, sudah bersama TNI dan stakeholder lain," ujar Kapolres.

Dengan adanya pos-pos dan ratusan personel diturunkan itu, kata Kapolres, dapat memberi rasa aman kepada masyarakat selama masa mudik Lebaran dan bisa menekan potensi kejahatan maupun kecelakaan.

"Adanya pos-pos yang dibangun diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pemudik, baik untuk beristirahat ketika tubuh terasa lelah atau mengantuk. Sebab kalau capek jangan dipaksa melanjutkan perjalanan," ujarnya.