Pendakian Petodongia Napu mulai diperbaiki

id Jalan Poso,Napu

Sebuah kendaraan masuk dalam lubang di jalan pendakian Petodongia Napu, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, sebelum mendapat perbaikan dari pemerintah provinsi. (Foto Antara/Fery Timparosa)

Intinya itu pada pendakian Petondongia, yang sesuai keluhan masyarakat hingga sampai di telinga Sekprop, olehnya dinas tahun ini telah menurunkan anggaran untuk perbaikan
Poso (ANTARA) - Kerusakan jalan di pendakian Petondongia di wilayah Napu, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, mulai diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Sulawesi Tengah. 

Pekerjaan proyek itu dengan nama paket peningkatan jalan Desa Sangginora Kecamatan Poso Pesisir - Desa Watumaeta, Kecamatan Lore Utara, yang bersumber dari anggaran APBD DAK 2019 dengan dana DAK reguler senilai Rp13.994.252.000, dengan volume kerja 6.450 kilometer.

Proyek tersebut dikerjakan PT. Karyabaru Makmur dengan nomor kontrak 022/457/SP-DIS. BMPR, tanggal 17 juni 2019, dan diawasi oleh PT Asia Citra Cakra, yang tangal mulai dikerjakan sejak 17 Juli dan berakhir 13 Desember 2019.

Salah satu Staf Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi, Budi yang dihubungi di Palu mengakui proyek peningkatan jalan itu, hasil dari keluhan warga tentang kerusakan jalan, yang terutama pada peningkatan pendakian Petondongia. 

"Intinya itu pada pendakian Petondongia, yang sesuai keluhan masyarakat hingga sampai di telinga Sekprop, olehnya dinas tahun ini telah menurunkan anggaran untuk perbaikan," ujar Budi, Minggu. 

Baca juga : Ruas jalan Napu-Poso ditingkatkan dengan dana DAK Rp14 miliar

Menurut Budi, khusus pendakian Petondongia itu, perbaikannya tidak  mengeruk banyak, sebab jika seperti isu yang berkembang akan diturunkan akan dikeruk sepanjang delapan kilometer, akan mengakibatkan puncak gunung akan lebih banyak diturunkan lagi. Sementara untuk jalan rusak akan di lakukan penimbunan dan perbaikan.

"Untuk mengurangi pendakian itu, dilakukan hanya sedikit saja di timbun tepat di depan jembatan pendakian dan sedikit diturunkan di bagian pohan pinus itu (tengah pendakian), tidak benar kalau delapan kilometer diturunkan," akunya. 

Perbaikan jalan itu, telah mengeluarkan surat edaran pengumuman buka-tutup jalan dengan jadwal waktu tutup 08.00 - 12.00 Wita, dan dibuka pukul 12.00 - 14.00 Wita. Sementara untuk Minggu tutup kembali pukul 14.00 -17.30 wita dan buka 17.30-08.00 Wita. 

Pendakian Petondongia itu, sebelumnya menjadi viral di medsos karena kerusakannya, bahkan hal itu menjadi pengeluhan para pengguna jalan dan mobil penumpang serta mobil pedagang sayur yang hendak ke Poso.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar