PT. Bumi Resources Tbk, bangun huntap untuk penyintas gempa Sigi

id CPM,HUNTAP,SIGI,GEMPA SIGI,PASIGALA

PT. Bumi Resources Tbk, bangun huntap untuk penyintas gempa Sigi

Superintendent Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat ( PPM) dan CSR PT. CPM, Rahyunita Handayani ( Kiri) foto bersama dengan warga penerima manfaat dan Pengawasan lapangan Habitat for Humanity, Laura Fransisca Siahaan ( Baju Merah) di Desa Lolu, Kabupaten Sigi. (ANTARA/HO-Humas CPM Chandra)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - PT Bumi Resources Tbk Group melalui anak perusahaan pemegang kontrak karya pertambangan emas di Kelurahan Poboya Palu, PT Citra Palu Mineral (CPM), membangun hunian tetap (huntap) untuk penyintas bencana gempa dan likuefaksi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

PT Bumi Resources Tbk dan PT CPM membangun 10 huntap di De sa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru bekerja sama dengan Habitat For Humanity.

“Pembangunan awal ini dimulai pada akhir Maret. Kami menargetkan pembangunan akan selesai pada akhir Mei nanti,” ucap pejabat bagian pengawasan lapangan Habitat For Humanity Laura Fransisca Siahaan di Sigi, Selasa.

Laura Fransisca Siahaan mengatakan sebelum membangun hunian tetap, pihaknya melakukan asesmen lebih dulu dengan berkoordinasi pemerintah setempat agar para penerimaan manfaat benar-benar tepat sasaran.

Laura sapaan akrabnya menjelaskan hunian tetap yang dibangun itu menggunakan konstruksi beton, baja ringan dan kalsiboard, sebagai tindaklanjut konsep pengurangan risiko bencana. Ukuran 36 meter persegi dan dibangun di lokasi rumah mereka sebelumnya.

Salah seorang penerima manfaat dari hunian itu, Erwin mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan rumah permanen tersebut.

“Saya ini cuma pekerja serabutan. Biasanya kerja di sawah dan buruh bangunan dan belum memiliki uang untuk membangun kembali rumah kami yang rusak berat,” ujar Erwin.

Sebelumnya dimasa tanggap darurat pada 2018 silam, PT. Bumi Resources dan PT CPM juga aktif menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam gempa bumi, tsunami serta likuefaksi. Bantuan itu berupa sembako, perlengkapan bayi maupun obat-obat dan vaksin.

“Dimasa rehabilitasi dan rekontsruksi ini kami juga menyalurkan bantuan untuk pembangunan hunian tetap bekerja sama dengan Habitat For Humanity," kata Superintendent Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat ( PPM) dan CSR PT CPM, Rahyunita Handayani.

Rahyunita mengungkapkan bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat.

“Pascabencana pada 2018 silam kami melihat masih banyak warga yang tinggal di hunian sementara sehingga kami berinisiatif untuk membantu para korban bencana alam itu dengan membangun hunian tetap meskipun jumlahnya masih sangat minim,” sebut Rahyunita Handayani.

Bantuan hunian tetap ini diharapkan dapat meringankan beban para korban bencana alam di Sigi termasuk membangkitkan kembali ekonomi keluarga mereka.

Seorang warga Desa Lolu, Dedi Armansah (30) sekaligus penerima manfaat hunian tetap mengangkat papan bekas bangunan rumahnya yang rusak di guncang gempa pada 28 september 2018 silam. (ANTARA/HO/Humas CPM Chandra)