Tujuh desa gugat hasil pemilihan ke Pemkab Parigi Moutong

id Pilkades, pmd, Agus Salim, pemkabparimo, sengketa pikades

Tujuh desa  gugat hasil pemilihan ke Pemkab Parigi Moutong

Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Parigi Moutong, Agus Salim. ANTARA/Moh Ridwan

Parigi (ANTARA) -
Tujuh desa di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, melayangkan gugatan terhadap hasil pemilihan kepala desa ke pemerintah kabupaten setempat.
 
"Dari 52 desa yang menyelenggarakan pemilihan, tujuh di antaranya menggugat hasil pemilihan karena menurut mereka terjadi kecurangan," kata Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Parigi Moutong Agus Salim yang ditemui, di Parigi, Kamis.
 
Dia menjelaskan gugatan yang disampaikan tujuh desa yang bersengketa itu bervariasi, salah satunya yakni dugaan penyampaian surat panggilan yang tidak sampai kepada pemilih oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD).
 
"Setelah kami klarifikasi kepada P2KD di desa yang bersengketa, surat panggilan semuanya telah tersampaikan," ujar Agus.
 
Dia mengemukakan hingga kini pihaknya telah menyelesaikan lima desa bersengketa sesuai jadwal dan aturan dengan sejumlah tuntutan gugatan, sedangkan dua desa lainnya masih dalam proses.
 
Meski begitu, kata dia, tuntutan gugatan di layangkan desa-desa bersengketa dinilai tidak memenuhi unsur materil karena berkas gugatan baru disampaikan setelah tiga hari penetapan, termasuk gugatan yang tidak melampirkan dokumen kriteria lainnya seperti fotocopi penetapan calon.
 
"Sesuai aturan berlaku, maka semua tuntutan gugatan kami tolak karena tidak memenuhi syarat materil," ungkap Agus.
 
Ia menambahkan jika pihak-pihak yang bersengketa tidak menerima hasil putusan yang dilakukan instansi teknis terkait dan berupaya mengambil langkah-langkah lain, pemerintah menyebut hal demikian adalah hak prerogatif calon.
 
"Kalau sengketa ini berlanjut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), kami tidak bisa melarang karena itu hak mereka, silahkan kalau mengambil jalur lain. Pemerintah telah melaksanakan tugas sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku," ungkap Agus.
 
Ia juga mengatakan hingga kini tidak ada lagi desa memasukkan laporan gugatan atas hasil pemilihan kepala desa di kabupaten itu diikuti kurang lebih 25 desa yang diselenggarakan pada Maret lalu.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar