Pemkab Sigi harap BPTP Sulteng bantu tingkatkan kualitas pangan

id pemkab sigi,bptp,bupati sigi,agribisnis,pangan sigi,mohamad irwan

Pemkab Sigi  harap BPTP Sulteng bantu tingkatkan kualitas pangan

Bupati Sigi Mohamad Irwan menggunting pita sebagai simbol meresmikan Gedung Kantor BPTP Provinsi Sulteng, di Desa Maku, Kecamatan Dolo. (Dok Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengharapkan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)/Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Sulteng untuk membantu meningkatkan kualitas pangan di daerah tersebut.

"Sigi harus menjadi daerah penyuplai logistik seiring perpindahan ibu kota negara ke Kalimtan, olehnya kita butuh peningkatan kualitas pangan. Maka, kami berharap BPTP Balitbangtan Provinsi Sulteng dapat membantu tingkatan kualitas pangan," ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan, di Sigi, Selasa.

Bupati mengatakan perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur, menjadi peluang besar bagi Sigi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, Usaha Kecil Menengah (UKM).

Namun, ujar Bupati, produk dan logistik dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan sektor lainnya harus memiliki kualitas tinggi sehingga bisa bersaing dengan produk daerah lain.

Oleh karen itu  Pemerintah Kabupaten Sigi mencanangkan program pembangunan kemandirian masyarakat berbasis agribisnis, dalam rangka meningkatkan kualitas produk dan logistik yang dihasilkan dari sektor pertanian dan sektor terkait lainnya.

"Karena ketika bicara tentang agribisnis, maka dia masuk semua ke sektor-sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perkebunan dan sektor lainnya. Tugas kita yakni bagaimana mengembangkan daya saing dengan meningkatkan kualitas produk dan logistik yang dihasilkan dari sektor tersebut," ujarnya.

Bupati mengatakan untuk mengoptimalkan hal itu Pemerintah Kabupaten Sigi melakukan pembinaan terhadap para petani, peternak dan pekebun berbasis wilayah dan produk/logistik yang dihasilkan.

"Misalnya di wilayah Kecamatan Marawola Barat, ada petani yang menanam kopi di sana, maka Pemkab Sigi melakukan intervensi pembinaan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilka berbasis komiditas kewilayaan," katanya.

Ia berharap dengan pembinaan dapat terbentuk industri kecil menengah kopi, sehingga para petani penanam kopi bisa mandiri dalam konsep agribisnis itu.

"Kami berharap kepada BPTP Provinsi Sulteng bisa membantu optimalisasi program agribisnis untuk pembangunan kemandirian masyarakat petani, pekebun, peternak dan seterusnya," sebutnya.

Bupati Sigi Mohammad Irwan meresmikin gedung Kantor BPTP Balitbangtan Provinsi Sulawesi Tengah terletak di Desa Maku, Kecamatan Dolo.
Bupati Sigi Mohamad Irwan menandatangani berita acara peresmian Gedung Kantor BPTP Provinsi Sulteng, di Desa Maku, Kecamatan Dolo. (Dok Humas Setda Pemkab Sigi)





 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar