Pemkab segera perbaiki infrastrukur pascabanjir di Parimo

id bpbdparimo, Toribulu, pemkabparimo

Pemkab segera perbaiki infrastrukur pascabanjir di Parimo

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Idran. ANTARA/Moh Ridwan

Parigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menyatakan segera memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat dampak banjir yang terjadi pada Minggu (11/7) di Kecamatan Toribulu, Parigi Moutong.

"Pada peristiwa banjir, jembatan penghubung Dusun 3 dan 4 Desa Sibalago terputus termasuk sejumlah sarana dan prasarana di desa rusak namun tidak parah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong Idran, di Parigi, Senin.

Baca juga: BPBD: Banyak sungai di Parimo berpotensi banjir akibat pendangkalan

Ia mengemukakan, banjir terjadi karena luapan air sungai, akibatnya dua desa di Kecamatan Toribulu terendam, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Dari dampak ditimbulkan banjir, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) untuk perbaikan infrastruktur jembatan sebagai akses utama warga di desa Sibalago.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS III) dalam rangka normalisasi sungai, supaya saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi, air tidak meluap ke pemukiman warga," ujar Idran.


Baca juga: Seratusan hektare sawah di Parigi Moutong terendam banjir
Menurutnya, normalisasi sungai penting dilakukan, sebab masalah utama adalah lantai sungai mengalami pendangkalan akibat sedimentasi, sehingga saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu cukup lama sangat berpotensi menimbulkan banjir.

Ia juga mengaku, dalam penanganan bencana tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Tagana dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk penangan korban terdampak.

Selain itu, pihaknya juga belum mengetahui persis berapa jumlah rumah warga terdampak parah, namun dari peristiwa tersebut kurang lebih 104 Kepala Keluarga terdampak.

"Kami belum bisa menjanjikan bila ada rumah warga yang perlu dilakukan penanganan khusus akibat dampak banjir, tetapi kami berupaya seperti apa bentuk bantuannya nanti," kata Idran menuturkan.

Baca juga: Rehab-rekon pascabanjir Parigi Moutong menunggu dana siap pakai

Ia menambahkan, dari analisis BPBD, banyak sungai di Parigi Moutong mengalami pendangkalan, yang sangat berpotensi terjadi banjir saat situasi cuaca buruk seperti saat ini.
"Warga perlu mewaspadai dan meningkatkan mitigasi mandiri atas ancaman banjir, karena cuaca akhir-akhir ini kurang bersahabat," demikian Idran.