Pertamina investigasi penyebab munculnya titik api di SPBU Kudus

id PT Pertamina investigasi, penyebab munculnya titik api, di SPBU Kudus

Pertamina investigasi penyebab munculnya titik api di SPBU Kudus

SPBU Dersalam, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tampak lengang setelah terjadi insiden munculnya titik api, Selasa (13/7/2021). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - PT Pertamina melakukan investigasi penyebab insiden munculnya titik api di salah satu dispenser penyaluran BBM di SPBU Jalan Kudus-Pati Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (13/7) malam, meskipun api bisa dipadamkan.

"Karena masih dalam proses investigasi, maka untuk sementara dispenser penyaluran BBM dinonaktifkan. Penyaluran BBM di SPBU tersebut untuk sementara juga dihentikan," kata Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho melalui whatsapp di Kudus, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa kejadian tersebut diperkirakan terjadi Selasa (13/7) pukul 18.15 WIB.

Petugas SPBU setempat berhasil menangani insiden tersebut dengan sigap menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang memang tersedia di semua SPBU.

Dalam waktu relatif cepat,  api berhasil dipadamkan sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Bagi masyarakat yang hendak membeli BBM bisa mendatangi SPBU terdekat, seperti SPBU 44.593.08 Ngembal yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari SPBU Dersalam tersebut.

Meskipun sempat muncul titik api di SPBU Dersalam itu, di kawasan sekitar masih terlihat mobil yang parkir karena pada siang harinya kerap terlihat banyak antrean mobil pribadi seperti mobil carry yang dimungkinkan hendak membeli BBM.

Karena adanya pemadaman lampu penerangan jalan umum (LPJU) selama PPKM darurat, kawasan sekitar juga terlihat gelap dan yang terlihat aktivitas petugas SPBU membersihkan lokasi bekas munculnya titik api. ***2***