Kementerian PUPR bangun IPA untuk warga Kolonodale Morowali Utara

id Sulteng,Sandi,Palu,Morut,Ppkm

Kementerian PUPR  bangun IPA untuk warga Kolonodale Morowali Utara

Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi (tengah) dan Kepala Dinas PUPR Morut Agung Ponga (kanan) meninjau lokasi pembangunan IPA bantuan Kementerian PUPR di atas lahan seluas satu hektare bantuan PT. COR di Desa Ganda-Ganda, Selasa (3/8). ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Morowali Utara (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perusahaan Rakyat (PUPR) mulai membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kabupaten Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) di Kolonodale, Kecamatan Petasia Timur.

Pembangunan IPA di Desa Ganda-Ganda yang ditarget selesai akhir tahun 2021 itu akan melayani sendikitnya 300 sambungan yang diperuntukkan bagi warga yang belum menikmati Sarana Air Bersih (SAB) gratis utamanya bagi pemenuhan air bersih di fasilitas umum dan rumah ibadah agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

"Kegiatan konstruksi yang dikerjakan oleh Balai Prasarana Wilayah Sulteng Kementerian PUPR tersebut terdiri atas dua paket yakni pembangunan IPA berkapasitas 40 liter per detik dan jaringan distribusi sampai ke sambungan rumah untuk 300 sambungan dalam tahap pertama pelayanan," kata Kepala Dinas PUPR Morut Agung Ponga, di Kolonodate, Kamis.

Ia menerangkan pembangunan IPA di Desa Ganda-Ganda tersebut merupakan Program Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) Kementerian PUPR. Setelah selesai IPA itu mendapat suplai air dari Intake Lambolo Desa Ganda-Ganda yang sudah dibangun sejak dua tahun terakhir.

"Insya Allah kalau tidak ada kendala akhir tahun 2021 ini masyarakat Kolonodale, Ganda-Ganda dan sekitarnya sudah bisa menikmati layanan air bersih meski masih terbatas jumlahnya dan masih diprioritaskan ke fasilitas-fasilitas umum dan rumah ibadah," ujarnya.

Ia menambahkan IPA di Desa Ganda-Ganda dibangun di atas lahan seluas satu hektare yang merupakan hibah atau pemberian secara sukarela tanpa kompensasi apapun dari PT. Central Omega Resource (COR).

"Ini merupakan wujud kepedulian PT.COR untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang bermukim di sekitar lokasi operasi perusahaan," kata Perwakilan Manajamen PT.COR Ratna.