Pemkab Parimo bantu warga pengurusan hak paten produk inovasi

id Krenova, hak paten, pelaku usaha, pemkabparimo, Sulteng, lewis

Pemkab Parimo  bantu warga pengurusan hak paten produk inovasi

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parigi Moutong Lewis memberikan piagam penghargaan serta bonus kepada peserta nominasi terbaik 1 penganugerahan lomba kreativitas dan inovasi masyarakat (Krenova) Parigi Moutong tahun 2021 di Parigi, Kamis (23/12/2021). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah siap membantu warga memfasilitasi pengurusan hak paten produk kreatif dan inovasi agar tidak terjadi klaim oleh pihak lain.
 
"Hak cipta penting bagi suatu produk, sekaligus mempertegas perlindungan produk dari pembajakan yang dilakukan kompetitor," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parigi Moutong Lewis saat menghadiri menganugerahkan lomba kreativitas dan inovasi masyarakat (Kernova) di Parigi, Kamis.
 
Kepemilikan hak paten sangat penting, tidak hanya memberikan perlindungan hukum, tetapi juga memberikan manfaat ekonomis.

Untuk mendorong produk pelaku usaha mendapat hak cipta yang diakui, pemerintah setempat menggandeng pihak-pihak terkait membantu warga mulai dari fase pendaftaran hingga hak paten resmi terdaftar.
 
"Hak paten memiliki manfaat besar bagi warga pelaku usaha, diantaranya dapat menambah kepercayaan konsumen, sehingga lebih mudah memperkuat jaringan bisnis," papar Lewis.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parigi Moutong Lewis saat menyampaikan arahannya pada kegiatan penganugerahan lomba kreativitas dan inovasi masyarakat (Krenova) Parigi Moutong tahun 2021 di Parigi, Kamis (23/12/2021). ANTARA/Moh Ridwan
Menurutnya, banyak pelaku usaha di kabupaten itu memiliki produk-produk yang dapat bisa bersaing di pasar regional maupun Nasional, namun perlu diperkuat dengan label serta hak paten resmi.
 
Penganugerahan lomba Krenova menjadi salah satu bentuk penghargaan dan komitmen pemerintah setempat menjembatani pelaku usaha untuk mendapat pembinaan bisnis dalam rangka memperkuat produk agar mampu menghadapi persaingan pasar bersama kompetitor lainnya.
 
Dari lomba Krenova, enam masyarakat dinilai inovatif mendapat penghargaan pemerintah setempat. Juara satu diraih oleh Jein Marlinda dengan karya inovasi pengembangan potensi lokal untuk peningkatan, juara kedua dan ketiga diraih oleh Kaslan, nama karya inovasi makanan tambahan balita biskuit Blondo dan pengembangan dari pengolahan kelapa menjadi VOC dengan metode merfentasi anaerob.
 
Lalu, juara empat diraih oleh Subejo dengan karya inovasi beras tiwul, juara lima diraih Muhammad Taufik, karya melukis dengan oli mesin motor dan mobil bekas, pengembangan dari kaligrafi, dan juara enam diraih oleh Zulfiani Gafar dengan nama karya pengembangan kerajinan usaha tas kulit sintetis.
 
"Mereka yang masuk nominasi, selain mendapat penghargaan, juga akan dibina serta didorong mendapatkan hak paten resmi, karena industri-industri berbasis teknologi inovatif merupakan salah satu kunci utama dalam pemanfaatan sumber daya efektif dan efisien agar dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah," kata Lewis.