Pemkab Sigi bersinergi dengan berbagai pihak tingkatkan daya saing

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Pemkab Pohuwato,Daya saing sigi

Pemkab Sigi bersinergi dengan berbagai pihak  tingkatkan daya saing

Arsip Foto-Bupati Sigi Mohamad Irwan (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Pemerintah daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bersinergi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah di kawasan Timur Indonesia untuk meningkatkan daya saing potensi daerah tersebut.

"Sinergi  pemerintah Kabupaten Sigi dengan multi pihak dari pihak swasta, BUMN, pemerintah, menjadi hal penting menunjang peningkatan daya saing potensi daerah," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, dihubungi dari Palu, Senin (16/7).

Pemerintah daerah Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, menjadi satu sasaran sinergisitas yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Sigi.

Terjalinnya sinergisitas dua daerah tersebut, menurut Mohamad Irwan, menjadi satu peluang untuk memasarkan potensi daerah pada sektor pangan meliputi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Termasuk, kata dia, produk-produk UMKM yang dikembangkan oleh masyarakat di dua daerah tersebut dapat dikembangkan.

"Jadi sinergisitas ini saling mengisi kekurangan, untuk saling melengkapi kebutuhan daerah, demi kepentingan masyarakat," ujar Irwan.

Mohamad Irwan mengatakan Pemkab Sigi saat ini mengusung visi Sigi berdaya saing berbasis agribisnis, dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Maka, semua kegiatan pembangunan yang diselenggarakan di setiap organisasi perangkat daerah (OPD), kata dia, harus mengarah langsung pada upaya mewujudkan visi tersebut.

"Sehingga visi Sigi berdaya saing berbasis agribisnis benar-benar terimplementasi secara optimal yang berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, daya saing produk yang bersumber dari potensi daerah di Sigi harus dikembangkan secara optimal, sehingga efek yang ditimbulkan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat benar-benar terwujud.

Terkait hal itu Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga menilai sinergisitas Pemkab Pohuwato dengan Pemkab Sigi sangat penting, dalam upaya percepatan peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah.

"Kamj merespons positif dan berterima kasih kepada Bupati Sigi dan seluruh jajarannya yang telah menerima kedatangan kami, dan bersedia bersinergi dengan Pemkab Pohuwato," ujarnya.
Pertemuan sinergisitas antara Pemkab Sigi dengan Pemkan Pohuwato, berlangsung di Sigi, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/HO-Kominfo Sigi)